Presiden Azerbaijan Bakal Seret Armenia ke Pengadilan Internasional

Sementara, Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan mengatakan pekan lalu bahwa dia membuat keputusan untuk menandatangani...
Ramses Rianto Manurung - Video, Kamis, 19-11-2020 18:30 WIB

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev pada Senin (16/11/2020) mengunjungi wilayah Nagorno-Karabakh dan  mengatakan pihak musuh harus bertanggung jawab atas kerusakan yang disebabkan oleh tindakan militer di daerah tersebut. Aliyev  menambahkan kerusakan sudah dihitung dan orang-orang Armenia akan dibawa ke pengadilan internasional atas kerusakan yang mempengaruhi wilayah tersebut selama 30 tahun terakhir.

Sementara, Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan mengatakan pekan lalu bahwa dia membuat keputusan untuk menandatangani perjanjian gencatan senjata di wilayah Nagorno-Karabakh setelah militer bersikeras. 

Gencatan senjata memicu perayaan di Baku, ibu kota Azerbaijan  di mana mobil dan bus membunyikan klakson dengan gembira dan orang-orang bersorak dan mengibarkan bendera nasional Azeri. 

Berdasarkan kesepakatan Azerbaijan akan mempertahankan keuntungan teritorial yang diperoleh dalam pertempuran termasuk kota kedua di daerah kantong itu  Shusha yang oleh orang Armenia disebut Shushi.

Pasukan etnis Armenia harus menyerahkan kendali atas banyak wilayah lain antara 10 November hingga 1 Desember. 

Nagorno-Karabakh secara internasional diakui sebagai bagian dari Azerbaijan tetapi dihuni dan hingga saat ini sepenuhnya dikendalikan oleh etnis Armenia yang telah didorong mundur oleh angkatan bersenjata Azerbaijan dalam beberapa pekan terakhir. 

Sejak pertempuran meletus pada 27 September, Azerbaijan mengatakan telah merebut kembali sebagian besar tanah di dan sekitar Nagorno-Karabakh yang hilang dalam perang 1991-94 yang menewaskan sekitar 30.000 orang. 

Apa Kata Dunia hadir untuk anda mengenai berita-berita dari mancanegara terkuat setiap minggunya. Saksikan Apa Kata Dunia setiap hari Senin-Jumat Jam 21.00 WIB hanya di Nusantara TV.  
 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0