Gegara PSBB, Pengunjuk Rasa Bentrok dengan Polisi

Demonstran marah tentang undang-undang yang akan disahkan oleh parlemen yang memungkinkan pemerintah federal untuk memberlakukan...
Ramses Rianto Manurung - Video, Jumat, 20-11-2020 20:15 WIB

Polisi Jerman menembakkan meriam air dalam upaya untuk membubarkan ribuan pengunjuk rasa. Mereka marah atas rencana pemerintah Kanselir Angela Merkel untuk memberlakukan pembatasan guna mengekang penyebaran virus corona.

Para pengunjuk rasa di dekat landmark Berlin, Gerbang Brandenburg melempar botol ke polisi dan meledakkan bom asap. Polisi anti-huru hara menahan beberapa pengunjuk rasa sambil menembakkan meriam air dan dengan pengeras suara mendesak massa untuk bubar.  

Demonstran marah tentang undang-undang yang akan disahkan oleh parlemen yang memungkinkan pemerintah federal untuk memberlakukan pembatasan pada kontak sosial, aturan tentang memakai masker, minum alkohol di depan umum, menutup toko dan menghentikan acara olahraga.

Meskipun sebagian besar warga Jerman menerima "lampu penguncian" terbaru untuk mengatasi gelombang kedua virus corona  para kritikus mengatakan undang-undang tersebut memberi terlalu banyak kekuasaan kepada pemerintah nasional dan membahayakan hak-hak sipil warga negara tanpa persetujuan parlemen. 

Hingga saat ini hanya beberapa tindakan yang diwajibkan dan sebagian besar hanya dapat diterapkan di tingkat negara bagian atau lokal. Selain itu beberapa pembatasan telah dibatalkan oleh pengadilan.  

Para pengunjuk rasa tidak menjaga jarak sosial yang dibutuhkan atau mengenakan masker wajah. Ada yang menggelar spanduk bertuliskan slogan seperti "untuk pencerahan, damai dan kebebasan" dan "hentikan kebohongan pandemi corona".

Sayap kanan alternatif untuk Jerman (AFD)  telah membandingkan langkah untuk meningkatkan kekuasaan pemerintah Merkel dengan undang-undang pengaktifan 1933 yang membuka jalan menuju kediktatoran Nazi Hitler.

Apa Kata Dunia hadir untuk anda mengenai berita-berita dari mancanegara terkuat setiap minggunya. Saksikan Apa Kata Dunia setiap hari Senin-Jumat Jam 21.00 WIB hanya di Nusantara TV. 
 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0