Dilarang Masuk, Peziarah Yahudi Hasid Blokir Perbatasan

Ratusan warga Yahudi Hasid yang ingin berziarah ke makam Rabbi Nachman di Kota Uman Ukraina Tengah, terkatung-katung di...
Ramses Rianto Manurung - Video, Rabu, 16-09-2020 20:03 WIB

Ratusan orang Yahudi Hasid pada Selasa (15/9/2020) berangkat berziarah ke Ukraina meskipun ada pembatasan virus corona.  Mereka memblokir perbatasan setelah penjaga perbatasan tidak mengizinkan mereka masuk.

Sebuah video yang diunggah oleh penjaga perbatasan Ukraina menunjukkan lusinan orang Yahudi  termasuk anak-anak, dalam pakaian tradisional, membawa koper dan berkeliaran di sepanjang jalan raya di tengah truk yang diparkir. 

Mereka menyanyikan lagu dan beberapa lainnya menari. Para penjaga perbatasan mengatakan mereka terpaksa menghentikan lalu lintas pada Senin malam di persimpangan di Novi Yarylovychi antara belarusia dan Ukraina Utara karena para peziarah menghalangi.

Setiap Tahun Baru Yahudi, puluhan ribu orang Yahudi Hasid berziarah ke Kota Uman di Ukraina Tengah untuk mengunjungi makam Rabbi Nachman dari Breslov yang menghidupkan kembali gerakan Hasid dan meninggal pada tahun 1810.

Tahun ini, perayaan Tahun Baru Yahudi berlangsung pada 18-20 September.

Ukraina memberlakukan larangan masuknya orang asing pada 26 Agustus hingga 28 September karena wabah virus corona. 
Larangan itu sebagian sebagai tanggapan atas permohonan dari Israel, tempat banyak jemaat peziarah berasal. Untuk membatasi acara karena khawatir akan menjadi hotspot penularan  virus corona. 

Salah satu peziarah yang dihubungi melalui telepon mengatakan mereka telah dijanjikan oleh pejabat Belarusia dan Ukraina akan diizinkan masuk ke Ukraina, namun  dia tidak merinci pejabat mana.

Peziarah itu mengatakan sekarang mereka tidak diizinkan memasuki Ukraina dan tidak diizinkan kembali ke Belarusia.

Sementara, Dinas Penjaga Perbatasan Belarusia mengatakan ada 734 orang dalam kelompok itu, termasuk 40 anak di bawah 12 tahun.

Yayasan Rabbi Nachman mengeluarkan pernyataan yang mengatakan telah meminta pejabat Ukraina untuk mengizinkan para peziarah datang.

Apa Kata Dunia hadir untuk anda mengenai berita-berita dari mancanegara terkuat setiap minggunya. Saksikan Apa Kata Dunia setiap hari Senin-Jumat Jam 21.00 WIB hanya di Nusantara TV.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0