Cina Tak Ingin "Perang Dingin Atau Panas" Dengan Negara Manapun

Amerika Serikat menuduh Cina kurang transparan terkait pandemi covid-19
Ramses Rianto Manurung - Video, Kamis, 24-09-2020 14:38 WIB

Kepada Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa Presiden Cina, Xi Jinping mengatakan bahwa Beijing "tidak berniat untuk berperang baik dalam perang dingin atau panas dengan negara mana pun,". Diketahui selama ini  ketegangan tumbuh antara Cina dan Amerika Serikat. 

Xi Jinping dalam pernyataan video yang direkam sebelumnya pada pertemuan tahunan para pemimpin dunia yang dilakukan secara virtual karena pandemi virus corona mengatakan pihaknya akan terus mempersempit perbedaan dan menyelesaikan perselisihan dengan pihak  lain melalui dialog dan negosiasi. Xi menambahkan pihaknya tidak akan berusaha untuk hanya mengembangkan diri sendiri atau terlibat dalam permainan zero sum,". Ketegangan yang telah lama membara antara Amerika Serikat dan Cina mencapai titik didih terkait pandemi menyoroti upaya Beijing untuk mendapatkan pengaruh multilateral yang lebih besar sebagai tantangan bagi kepemimpinan tradisional Washington.

Virus corona muncul di Cina akhir tahun lalu dan Washington menuduh Beijing kurang transparan yang dikatakan memperburuk wabah. Cina pun membantah pernyataan AS tersebut.

Apa yang disampaikan Xi Jinping tampaknya merupakan teguran kepada Presiden AS Donald Trump, meskipun pidato kedua pemimpin direkam sebelumnya. Xi menyerukan tanggapan global terhadap virus tersebut dan memberi organisasi kesehatan dunia peran utama.

Trump telah mengumumkan rencana Amerika Serikat untuk meninggalkan WHO yang berbasis di Jenewa, menuduh badan kesehatan dunia tersebut sebagai boneka Cina, klaim yang dibantah WHO. 

Xi mengatakan "menghadapi virus ini, negara-negara  harus meningkatkan solidaritas dan melalui ini bersama-sama. Xi menambahkan semua pihak  harus mengikuti panduan sains, memberikan peran penuh untuk memimpin organisasi kesehatan dunia,". Ditegaskan "setiap upaya untuk mempolitisasi masalah atau stigmatisasi harus ditolak.".

Apa Kata Dunia hadir untuk anda mengenai berita-berita dari mancanegara terkuat setiap minggunya. Saksikan Apa Kata Dunia setiap hari Senin-Jumat Jam 21.00 WIB hanya di Nusantara TV.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0