Asia Bentuk Aliansi Perdagangan Terbesar di Dunia Tanpa AS

Penandatanganan kemitraan ekonomi komprehensif regional (RCEP) pada pertemuan puncak regional di Hanoi ini  merupakan pukulan...
Ramses Rianto Manurung - Video, Rabu, 18-11-2020 19:55 WIB

Lima belas kekuatan ekonomi Asia-Pasifik pada Minggu (15/11/2020) membentuk aliansi atau blok perdagangan bebas terbesar di dunia. Kesepakatan yang didukung Cina yang mengecualikan Amerika Serikat  yang telah meninggalkan kelompok saingan Asia-Pasifik di bawah Presiden Donald Trump. 

Penandatanganan kemitraan ekonomi komprehensif regional (RCEP) pada pertemuan puncak regional di Hanoi ini  merupakan pukulan lebih lanjut bagi kelompok yang didorong oleh mantan Presiden AS Barack Obama. Donald Trump yang menggantikan Obama memutuskan keluar pada 2017. Di tengah pertanyaan tentang keterlibatan Washington di Asia, RCEP dapat memperkuat posisi Cina sebagai mitra ekonomi dengan Asia Tenggara, Jepang dan Korea yang menempatkan ekonomi terbesar kedua di dunia pada posisi yang lebih baik untuk membentuk aturan perdagangan kawasan.

Amerika Serikat absen dari RCEP dan penerus kemitraan Trans-Pasifik (TPP) yang dipimpin Obama meninggalkan ekonomi terbesar di dunia dari dua kelompok perdagangan yang menjangkau wilayah dengan pertumbuhan tercepat di dunia. 

RCEP mengelompokkan 10 anggota perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN), Cina, Jepang, Korea Selatan, Australia dan Selandia Baru yang bertujuan untuk menurunkan tarif secara progresif di banyak area di tahun-tahun mendatang. 

Kesepakatan ini ditandatangani di sela-sela KTT ASEAN secara daring  yang diadakan ketika para pemimpin Asia mengatasi ketegangan di Laut Cina Selatan dan menangani rencana pemulihan ekonomi pasca pandemi di wilayah di mana persaingan AS-Cina telah meningkat. 

Dalam upacara yang diadakan secara virtual karena pandemi virus corona  para pemimpin negara RCEP secara bergiliran berdiri di belakang menteri perdagangan mereka yang satu per satu menandatangani salinan perjanjian  yang kemudian mereka tunjukkan ke kamera dengan penuh kemenangan.

RCEP akan menyumbang 30% dari ekonomi global/ 30% dari populasi global dan mencapai 2,2 miliar konsumen.

Menteri Perdagangan Indonesia pekan lalu mengatakan pakta tersebut akan berlaku setelah cukup banyak negara peserta meratifikasi perjanjian di dalam negeri dalam dua tahun ke depan.  

Bagi Cina kelompok baru termasuk banyak sekutu AS adalah rejeki nomplok yang sebagian besar dihasilkan dari mundurnya Trump dari TPP. 

India menarik diri dari pembicaraan RCEP pada November tahun lalu, tetapi para pemimpin ASEAN mengatakan pintu tetap terbuka untuknya bergabung. 

Apa Kata Dunia hadir untuk anda mengenai berita-berita dari mancanegara terkuat setiap minggunya. Saksikan Apa Kata Dunia setiap hari Senin-Jumat Jam 21.00 WIB hanya di Nusantara TV. 
 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0