Tradisi Unik dan Ekstrim di Papua

Bicara yang unik-unik seakan tidak pernah habis di daerah Papua ini. Tanah di ujung timur Nusantara ini, ternyata memiliki tradisi-tradisi unik yang bikin orang bakal melongo melihatnya.
Tradisi Unik dan Ekstrim di Papua
Tarian dari salah satu suku di Papua./boombastis.com

Nusantaratv.com - Bicara yang unik-unik seakan tidak pernah habis di daerah Papua ini. Tanah di ujung timur Nusantara ini, ternyata memiliki tradisi-tradisi unik yang bikin orang bakal melongo melihatnya. Pulau yang terkenal dengan Raja Ampat-nya ini terdiri dari beberapa suku yang punya tradisi masing-masing.

Nggak cuma rumah Hanoi yang mirip jamur itu, atau koteka yang nyentrik aja yang bikin Papua unik. Tapi juga deretan tradisi ini, juga perlu kalian tahu. Siap-siap melongo ya Guys!


1. Yang satu ini namanya Tradisi Bakar Batu, diadakan sebagai ungkapan syukur.


Tradisi bakar batu [detik.com]

Meski namanya bakar batu, tapi nggak cuma batu aja yang di bakar. Ada ubi, ketela, singkong, dan umbi-umbian lain yang biasanya ikut dibakar di atas batu. Nyem nyem makan ubi rame-rame dong!

2. Tradisi Potong Jari untuk keluarga yang ditinggal orang tercinta.


Tradisi Potong Jari, SukuDhani-Papua [image source]

Sebagai pertanda kesedihan karena ditinggal orang yang dicintai, maka orang yang ditinggal harus memotong jari mereka sesuai jumlah orang yang meninggal. Waduh, kalo yang meninggal 10 bisa nggak punya jari tuh!

3. Nah, saat ada acara pernikahan, maka ada arak-arakan seperti ini. Namanya Tradisi Ararem


Tradisi Ararem di Papua [image source]

Kalau ngantar pengantin, seperti ini ramainya. Orang-orang ini mengantarkan mas kawin ke tempat nikah. Yang unik dalam tradisi ini adalah mereka tak pernah lupa membawa bendera merah putih loh. Wah, udah kayak karnaval aja ya?

4. Di Kabupaten Sorong, Papua ada Tarian adat yang unik bernama Imeko


Tarian adat suku Imeko, Papua [image source]

Nama Imeko diambil dari 3 daerah sembaran yaitu inanwatan, metemani, dan kokoda. Tarian ini bisa dibilang unik. Kenapa? Karena tarian ini terkenal dengan goyang pantatnya. Uniknya lagi, pada tarian ini gerakan tangan penari menyerupai kepakan sayap berbagai macam burung. Tarian ini biasa dilakukan saat ada acara adat atau dalam rangka memasuki rumah baru.

5. Mumi, nggak cuma ada di Mesir, di Papua juga ada. Kenalan yuk sama Mumi Aikima


Mumi aikima berusia lebih dari 3 abad [blogspot.com]

Di Papua ada mumi Aikima yang berusia lebih dari 300 tahun. Selain ini, ada 2 mumi lagi yang berhasil menarik wisatawan untuk melihatnya. Hii, berani foto bareng mumi?

6. Suku Kamoro bahkan punya tradisi berdarah Guys. Mereka bikin gendang dari darah. Hiii..


Suku Kamoro membuat gendang dari darah [detik.com]

Yup, gendang atau yang disebut masyarakat Papua sebagai Tifa ini, tidak direkatkan dengan lem, tapi dengan darah. Darah itu diambil dari seseorang yang berani paha-nya disilet. Ngeri ya, Guys.

7. Siapa yang suka main perang-perangan? Di Papua bahkan ada festivalnya loh! Namanya Festival Lembah Baliem


Festival Lembah Baliem di Papua [image source]

Festival ini diadakan sebagai pertanda kesuburan. Meski melibatkan adu kekuatan antar suku, tapi festival ini tetap asyik dan aman buat kita lihat dan nikmati. Yang keren lagi dari festival yang melibatkan 3 suku di Papua ini adalah adanya skenario pemicu perang. Wah, udah kayak main film aja ya.

Gimana, Sob? Udah melongo belum? Tradisinya unik dan nyentik kan?(boombastis.com)