Turki Mulai Pulangkan Anggota ISIS ke Negara Asalnya

Pemerintah Turki dilaporkan telah mulai mengurus pemulangan para anggota Negara Islam (ISIS) ke negara asalnya masing-masing.
Turki Mulai Pulangkan Anggota ISIS ke Negara Asalnya
Bendera ISIS (independent. UK)

Ankara, Nusantaratv.com - Pemerintah Turki dilaporkan telah mulai mengurus pemulangan para anggota Negara Islam (ISIS) ke negara asalnya masing-masing.

Melansir Reuters pada Senin (11/11/19), Sebelumnya Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu memperingatkan pada pekan lalu bahwa negaranya tetap melakukan pemulangan gerilawan ISIS meski para tahanan itu telah dicabut kewarganegaraannya.

Tidak segera jelas berapa banyak kombatan ISIS yang dipulangkan. 

Baca Juga : Iran Dan Rusia Resmikan Pembangunan Reaktor Nuklir Kedua

Namun Presiden Tayyip Erdogan pada Jumat mengatakan bahwa 1.201 anggota ISIS dipenjara di Turki, sementara Turki telah menangkap 287 gerilyawan ISIS di Suriah.

Erdogan sebelumnya juga mengancam akan "membanjiri Eropa dengan jutaan pengungsi Suriah ke Eropa jika Uni Eropa menyebut operasi militernya di Suriah sebagai "invasi".

"Kami akan membuka gerbang dan mengirim 3,6 juta pengungsi," kata Erdogan pada Oktober 2019.

Pemimpin Turki itu marah dengan pernyataan yang dirilis Uni Eropa (UE) sehari sebelumnya. 

Uni Eropa menyerukan agar Turki menghentikan aksi militer sepihak terhadap Pasukan Demokratik Suriah (SDF), perpanjangan dari Partai Pekerja Kurdistan, yang telah memperjuangkan otonomi Kurdi di Turki selama tiga dekade.(Cal) 



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1