Perdana Menteri Irak Ditelepon Sekneg AS, Bahas Apa?

Perdana Menteri Irak Adel Abdul Mahdi dikabarkan telah menerima telepon dari Sekretaris Negara AS Mike Pompeo, kantor Abdul Mahdi mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat pada hari Senin (16/9/19) namun tak merinci apa yang dibahas oleh keduanya.
Perdana Menteri Irak Ditelepon Sekneg AS, Bahas Apa?
Perdana Menteri Irak, Adel Abdul Mahdi (iraqinews)

Baghdad, Nusantaratv.com - Perdana Menteri Irak Adel Abdul Mahdi dikabarkan telah menerima telepon dari Sekretaris Negara AS Mike Pompeo, kantor Abdul Mahdi mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat pada hari Senin (16/9/19) namun tak merinci apa yang dibahas oleh keduanya. 

Irak membantah pada hari Minggu bahwa wilayahnya telah digunakan untuk melakukan serangan terhadap fasilitas minyak di Arab Saudi. 

Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Minggu bahwa Amerika Serikat dikunci dan dimuat untuk tanggapan potensial terhadap serangan terhadap fasilitas minyak Arab Saudi, setelah seorang pejabat senior pemerintah AS mengatakan Iran yang harus disalahkan.

Baca Juga : Iran Sebut Rouhani Tak Akan Bertemu Trump dalam Forum PBB

 Pejabat itu mengatakan kepada wartawan bahwa bukti dari serangan itu, yang menghantam fasilitas pemrosesan minyak terbesar di dunia, mengindikasikan Iran ada di belakangnya, bukan kelompok Yaman Houthi yang telah mengklaim bertanggung jawab.

 Pompeo juga mengatakan tidak ada bukti serangan itu datang dari Yaman, di mana koalisi pimpinan Saudi telah berperang melawan Houthi selama lebih dari empat tahun. 

Dalam konflik yang secara luas dipandang sebagai perang proksi antara Arab Saudi dan saingan Muslim Syiah Iran. Pasukan Mobilisasi Populer Irak, sebuah payung kelompok paramiliter yang didukung oleh sebagian besar Iran, berpengaruh di parlemen dan memiliki sekutu dalam pemerintahan.

Sumber : Reuters 
Terjemahan : (NTV/Cal)