Pasukan Libya Timur Melancarkan Serangan ke Pusat Kota Sirte

Pasukan Libya timur pada Senin melancarkan serangan udara pada posisi di pusat kota Sirte yang dipegang oleh pemerintah yang diakui internasional, kata seorang pejabat dan warga, yang memperluas konflik yang melanda ibu kota Tripoli.
Pasukan Libya Timur Melancarkan Serangan ke Pusat Kota Sirte
Pasukan Libya Timur (cbc)

Tripoli, Nusantaratv.com - Pasukan Libya timur pada Senin melancarkan serangan udara pada posisi di pusat kota Sirte yang dipegang oleh pemerintah yang diakui internasional, kata seorang pejabat dan warga, yang memperluas konflik yang melanda ibu kota Tripoli. 

Pasukan Nasional Libya (LNA) berbasis Khalifa Haftar yang berbasis di timur telah berusaha sejak April untuk mengambil Tripoli yang diadakan oleh pemerintah yang diakui secara internasional dengan kampanye darat yang didukung oleh serangan udara.

 Ada serangan yang diklaim LNA dalam beberapa hari terakhir di pinggiran Sirte, sekitar 450 km di timur Tripoli, tetapi tidak di pusat kota itu sendiri, kata penduduk. 

Pemogokan menghantam sebuah bangunan di dekat pabrik bahan baku, tetapi seorang pejabat LNA mengatakan pasukan telah menargetkan posisi militer. Pemerintah berbasis di Tripoli mengatakan di Facebook bahwa drone yang dioperasikan oleh Uni Emirat Arab telah melakukan serangan terhadap posisi pasukan yang bersekutu.

Baca Juga : China Tak ingin Salahkan Siapapun Terkait Serangan Kilang Minyak Arab Saudi

 UEA telah mendukung LNA bersama Mesir, menurut laporan AS, tetapi tidak ada negara yang mengkonfirmasi hal ini. Turki mendukung pasukan Tripoli.

 Haftar dan para pendukungnya mengatakan mereka berusaha membebaskan ibukota dari kelompok-kelompok bersenjata yang mereka tuduh telah mengganggu stabilitas Libya sejak jatuhnya Muammar Gaddafi dalam pemberontakan yang didukung-NATO pada tahun 2011. 

Para kritikus Haftar menuduhnya berusaha merebut kekuasaan melalui kudeta militer, memperdalam konflik antara faksi-faksi yang berbasis di timur dan barat negara Afrika Utara yang luas itu.

Sumber : Reuters 
Terjemahan : (NTV/Cal)