IAEA Temukan Jejak Uranium di 'Gudang Atom' Iran

Badan Energi Atom Internasional (IAEA) sedang menyelidiki asal usul partikel dan telah meminta Iran untuk menjelaskan jejaknya.
IAEA Temukan Jejak Uranium di 'Gudang Atom' Iran
Bendera Iran (New York Post)

Teheran, Nusantaratv.com - Sebuah sampel yang diambil oleh pengawas nuklir AS yang oleh perdana menteri Israel disebut sebagai "gudang atom rahasia" di Teheran, Iran menunjukkan adanya jejak uranium yang belum dijelaskan oleh Iran. 

 Badan Energi Atom Internasional (IAEA) sedang menyelidiki asal usul partikel dan telah meminta Iran untuk menjelaskan jejaknya. Namun Teheran belum melakukannya, menurut para diplomat, hal itu memicu ketegangan antara Washington dan Teheran. 

Sanksi A.S. telah memangkas penjualan minyak Iran dan Iran telah menanggapi dengan melanggar kesepakatan nuklirnya tahun 2015 dengan kekuatan dunia.

 Dalam pidatonya setahun lalu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang dengan keras menentang perjanjian itu, meminta IAEA untuk segera mengunjungi situs tersebut. 

Mengatakan bahwa ia telah menampung 15 kg (33 lb) bahan radioaktif yang tidak ditentukan yang sejak saat itu telah dihapus. 

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Robert Mugabe

Melansir Reuters, IAEA pada bulan April, yang mengawasi kesepakatan nuklir, telah memeriksa situs itu - langkah yang menurutnya dibutuhkan "hanya bila perlu" - dan sampel lingkungan yang diambil di sana dikirim untuk analisis. 

Media Israel dan AS sejak itu melaporkan bahwa sampel tersebut menemukan jejak bahan atau materi radioaktif - yang sama yang digunakan oleh Netanyahu. 

Namun jejak-jejak itu adalah uranium, kata para diplomat - elemen yang sama yang diperkaya Iran dan satu dari dua elemen fisil yang bisa dijadikan inti bom nuklir.

  Tetapi karena Iran belum memberikan apa pun kepada IAEA, sulit untuk memverifikasi asal usul partikel-partikel itu, dan juga tidak jelas apakah jejaknya adalah sisa-sisa material atau kegiatan yang mendahului kesepakatan  2015 atau lebih baru. 

Sumber : Reuters 
Terjemahan : (NTV /Cal) 



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0