Begini Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus dengan Google

Fitur Ini Belum Mendukung Aplikasi Mobile Google Contacts.
Adiantoro - Teknologi,Sabtu, 18-07-2020 10:13 WIB
Begini Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus dengan Google
Ilustrasi. (Gizmochina)

Jakarta, Nusantaratv.com - Para pemilik smartphone setidaknya pernah secara tidak sengaja menghapus data penting, salah satu kontak. Namun, Anda tak perlu khawatir.

Sebab, Google punya solusi yang bisa diterapkan oleh para pengguna ponsel. Google merilis fitur baru yang dapat menyimpan kontak terhapus sehingga memungkinkan pengguna untuk mengembalikan kontak yang terhapus.

Dilansir dari Gizmochina, Sabtu (18/7/2020), fitur itu bernama Trash dan tersedia di Google Contacts. Dan, cara kerjanya mirip dengan recycle bin di komputer.

Bila seseorang menghapus kontak secara tidak sengaja, Google Contacts akan menyimpan kontak selama 30 hari. Selama rentang waktu itu, pengguna dapat mengembalikan kontak yang terhapus. Tapi, jika masa 30 hari sudah terlewati, kontak yang terhapus akan benar-benar hilang.

Cara ini hanya dapat digunakan pada website Google Contacts saja. Fitur ini belum mendukung aplikasi mobile Google Contacts. Kabar baiknya, metode penyimpanan kontak terhapus ini tetap berlaku jika pengguna menghapusnya dari aplikasi mobile.

Pada laman Google Contacts, pengguna akan menemukan opsi Trash di folder 'Other contacts'. Tapi, jika ternyata opsi ini belum ada, berarti fitur ini memang belum tersedia untuk beberapa pengguna tertentu.

Sedangkan untuk pengguna yang sudah mendapati adanya fitur ini, kontak yang terhapus bisa ditemukan di opsi yang sama, termasuk waktu kapan penghapusan terjadi. Lalu, guna mengembalikan kontak itu, pilih opsi 'Recover'.

Patut diketahui, selain memberikan opsi untuk mengembalikan, Google juga memungkinkan pengguna untuk menghapus kontak yang ada di dalam Trash. Caranya yakni tinggal pilih 'Delete Forever'.

Dan, Google mengatakan fitur ini akan tersedia bagi seluruh pelanggan G Suite dan pengguna akun Google personal dalam beberapa pekan ke depan. Namun, Google menyebut jika dukungan fitur ini masih belum akan tersedia untuk aplikasi mobile
 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0