Wow! Ilmuwan Temukan Gelombang Suara Tercepat Capai 36 Km per Detik

Gelombang Suara Itu Melewati Zat Padat Lebih Cepat Dibandingkan Melalui Cairan atau Gas.
Adiantoro - Teknologi,Selasa, 13-10-2020 08:57 WIB
Wow! Ilmuwan Temukan Gelombang Suara Tercepat Capai 36 Km per Detik
Ilustrasi.

Jakarta, Nusantaratv.com - Para ilmuwan menemukan kecepatan suara yang paling cepat. Mereka menemukan gelombang suara bergerak dengan kecepatan 36 km per detik dalam atom hidrogen padat.

Mengutip Sky News, Selasa (13/10/2020), kecepatan suara pada atom hidrogen padat tersebut dua kali lebih cepat saat melalui berlian, yakni bahan yang paling sulit dilewati gelombang suara.

Kendati demikian, hingga saat ini, tidak diketahui apakah ada batas kecepatan atas, baik melalui benda padat maupun cair. Gelombang suara bergerak dengan kecepatan yang berbeda, tergantung pada apa yang dilaluinya.

Gelombang suara itu melewati zat padat lebih cepat dibandingkan melalui cairan atau gas. Inilah sebabnya kereta dapat didengar lebih cepat melalui rel daripada melalui udara.

Baca Juga: Waspada! Covid-19 Sanggup Bertahan Hidup di Layar Ponsel dan Uang Kertas

Para ilmuwan menguji berbagai macam bahan, dan menemukan kecepatan suara dalam atom hidrogen padat mendekati batas fundamental teoretis.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances ini berasal dari kolaborasi antara Queen Mary University of London, University of Cambridge dan Institute for High Pressure Physics di Moskow, Rusia.

Ahli seismologi menggunakan gelombang suara yang diprakarsai oleh gempa bumi jauh di dalam interior Bumi untuk memahami sifat peristiwa seismik dan sifat komposisi Bumi - ujar ahli Ilmu Material di Universitas Cambridge, Profesor Chris Pickard. 

Mereka (seismolog) juga menarik bagi ilmuwan material karena gelombang suara terkait dengan sifat elastis yang penting termasuk kemampuan untuk menahan tekanan - lanjutnya.

Sementara itu, ahli Fisika di Queen Mary University of London, Profesor Kostya Trachenko meyakini temuan ini dapat memiliki aplikasi ilmiah lebih lanjut.

Ini membantu kami menemukan dan memahami batas sifat yang berbeda seperti viskositas dan konduktivitas termal yang relevan pada superkonduktivitas suhu tinggi, plasma quark-gluon, dan bahkan fisika lubang hitam - tukasnya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0