Superkomputer Jepang Tunjukkan Penyebaran Covid-19 Meningkat dalam Kondisi Kering

Ini Menunjuk Peningkatan Risiko Penularan Covid-19 Dalam Kondisi Kering.
Adiantoro - Teknologi,Rabu, 14-10-2020 18:21 WIB
Superkomputer Jepang Tunjukkan Penyebaran Covid-19 Meningkat dalam Kondisi Kering
Ilustrasi. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Sebuah superkomputer Jepang menunjukkan jika kelembapan dapat berdampak besar pada penyebaran partikel virus.

Ini menunjuk peningkatan risiko penularan virus corona (Covid-19) dalam kondisi kering dan dalam ruangan selama bulan-bulan musim dingin.

Mengutip Reuters, Rabu (14/10/2020), penemuan tersebut menunjukkan penggunaan humidifier dapat membantu membatasi infeksi selama ventilasi jendela tidak memungkinkan. Penelitian ini dirilis pada Selasa (13/10/2020) oleh raksasa penelitian Riken dan Kobe University.

Para peneliti menggunakan superkomputer Fugaku untuk memodelkan emisi dan aliran partikel mirip virus dari orang yang terinfeksi di berbagai lingkungan dalam ruangan. Simulasi menunjukkan kelembaban udara yang lebih rendah dari 30 persen menghasilkan lebih dari dua kali lipat jumlah partikel aerosol dibandingkan dengan tingkat 60 persen atau lebih tinggi.

Studi tersebut juga menunjukkan pelindung wajah bening tidak seefektif masker dalam mencegah penyebaran aerosol. Penemuan lain menunjukkan pengunjung lebih berisiko dari orang-orang di sisinya dibandingkan dengan di seberang meja, dan jumlah penyanyi dalam paduan suara harus dibatasi dan diberi jarak.

Tim peneliti Riken yang dipimpin Makoto Tsubokura sebelumnya telah menggunakan superkomputer Fugaku untuk membuat model kondisi penularan di kereta api, ruang kerja, dan ruang kelas. Simulasi menunjukkan membuka jendela di kereta komuter dapat meningkatkan ventilasi dua hingga tiga kali lipat, menurunkan konsentrasi mikroba di sekitarnya.

Ketakutan membabi buta atau kepercayaan yang tidak berdasar terhadap infeksi Covid-19 hanya karena virus itu tidak terlihat - kata Tsubokura.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0