Stasiun TV Korsel Perkenalkan Penyiar Berita Berbasis AI

Stasiun Televisi Berita Korsel Memperkenalkan Kecanggihan Baru Dalam Dunia Penyiaran.
Adiantoro - Teknologi,Selasa, 17-11-2020 15:10 WIB
Stasiun TV Korsel Perkenalkan Penyiar Berita Berbasis AI
(Foto: Ubergizmo)

Jakarta, Nusantaratv.com - Salah satu alasan mengapa penyiar berita masih masih relevan di zaman serba canggih ini disaat berita dapat dibaca online.

Alasannya, karena mereka memiliki kepribadian dan cara menyampaikan berita serta menganalisisnya dengan komentar mereka yang dapat membuat berita tertentu berwawasan dan memberikan lebih banyak konteks daripada hanya membacanya.

Dilansir dari Ubergizmo, Selasa (17/11/2020), stasiun televisi berita Korea Selatan (Korsel) memperkenalkan kecanggihan baru dalam dunia penyiaran. Dimana mereka membuat penyiar berita dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Stasiun televisi tersebut adalah MBN. Dimana mereka memperkenalkan pembawa berita bertenaga AI yang dijuluki AI Kim. Pembuatan penyiar berita dengan teknologi AI ini didasarkan pada pembawa berita manusia yang juga bekerja untuk MBN bernama Kim Ju-ha.

Menurut Ai Kim ketika memperkenalkan dirinya, "Saya diciptakan melalui pembelajaran mendalam 10 jam video Kim Ju-ha, mempelajari detail suaranya, cara dia berbicara, ekspresi wajah, cara bibirnya bergerak dan cara dia menggerakkan tubuhnya. Saya bisa melaporkan berita persis seperti yang dilakukan penyiar Kim-Juha".

Yang menakjubkan adalah selama debut penyiar baru ini, AI-nya berhasil berbicara dengan nada dan cara yang sama seperti rekan manusianya. Dimana dia juga meniru beberapa gerakan tubuh Kim.

Tujuan dari pembawa berita bertenaga AI ini adalah untuk memungkinkan stasiun berita ini menyiarkan berita 24,7, terutama pada saat penyiar berita manusia mungkin sedang tidur atau sakit.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0