Penelitian Terbaru, Bermain Game Komputer Diklaim Bisa Tingkatkan Kesejahteraan Pada Anak-Anak

Video Game Membantu Terhubung Dengan Orang Lain di Seluruh Dunia.
Adiantoro - Teknologi,Rabu, 12-08-2020 15:05 WIB
Penelitian Terbaru, Bermain Game Komputer Diklaim Bisa Tingkatkan Kesejahteraan Pada Anak-Anak
Ilustrasi. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Penelitian terbaru di Inggris menemukan bermain game komputer membantu meningkatkan kemampuan membaca anak-anak dan menawarkan manfaat bagi kesejahteraan secara keseluruhan.

Penelitian ini melakukan survei terhadap 4.626 anak muda berusia 11 hingga 16 tahun di Inggris. Studi dari National Literacy Trust menemukan permainan tersebut menawarkan cara membaca dan mendorong kreativitas melalui menulis.

Dilansir dari Sky News, Rabu (12/8/2020), studi mereka menemukan hampir tiga perempat (73 persen) pembaca enggan mengatakan bermain video game membantu mereka merasa seperti bagian dari sebuah cerita. Sedangkan dua pertiga (65 persen) mengatakan video game membantu mereka membayangkan menjadi orang lain, menunjukkan potensi manfaat untuk berempati.

Banyak anak muda mengatakan bermain video game membantu mereka menghadapi, atau melarikan diri dari, stres dan emosi yang sulit. Dan, kebanyakan orang tua mengatakan berkomunikasi dengan teman melalui video game selama penguncian (lockdown) pandemi virus corona (COVID-19) sangat membantu kesejahteraan mental anak mereka.

Lebih dari separuh (56 persen) orang tua mengatakan anak mereka mengobrol dengan keluarga dan teman sebagai bagian dari bermain video game selama lockdown, dan 3 dari 5 (60 persen) merasa komunikasi ini telah membantu kesejahteraan mental anak.

Penelitian ini benar-benar menunjukkan mekanisme yang sudah dinikmati oleh kaum muda adalah cara terbaik untuk membawa mereka ke dalam pola membaca dan menulis yang lebih luas - kata Kepala Eksekutif National Literacy Trust, Jonathan Douglas.

Sangat menarik untuk mengungkap peluang yang dapat diberikan oleh permainan video game kepada kaum muda untuk terlibat dalam membaca, merangsang kreativitas melalui menulis, meningkatkan komunikasi dengan teman dan keluarga, dan mendukung empati dan kesejahteraan - lanjutnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, pandemi COVID-19 secara signifikan mengganggu literasi dan pembelajaran anak muda dalam beberapa bulan terakhir. Douglas dan timnya ingin memastikan tidak ada kebutuhan yang terlewatkan guna mendukung literasi anak-anak sebelum kembali ke sekolah.

Sementara itu, seorang jurnalis game, Andy Robertson mengatakan video game membantu putranya terhubung dengan orang lain di seluruh dunia.

Semakin sering mereka bermain, semakin saya menyadari ada lebih banyak hal yang terjadi di sini, bukan hanya hiburan. Anak saya mendapatkan beberapa teman baru di berbagai negara sehingga dia dapat berbicara dengan mereka dan bertanya, 'Seperti apa di Prancis? Seperti apa di Jerman?' Itu memiliki peran besar dalam memperluas perspektif mereka - ungkapnya.

Namun, penelitian ini baru menemukan manfaat bermain game paling kuat ada pada anak laki-laki. Penelitian ini dilakukan sebagai bagian dari kampanye baru dari National Literacy Trust, Asosiasi Hiburan Interaktif Inggris (UKIE) dan Penguin Random House Children's untuk mengeksplorasi hubungan antara video game dan keterlibatan literasi di antara anak-anak sekolah.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0