Penelitian Sebut Tulisan Tangan Bikin Anak Lebih Cerdas dari Mengetik

Gelombang Otak yang Ditemukan Pada Anak yang Menulis Tangan Lebih Aktif.
Adiantoro - Teknologi,Senin, 05-10-2020 11:20 WIB
Penelitian Sebut Tulisan Tangan Bikin Anak Lebih Cerdas dari Mengetik
Ilustrasi.

Jakarta, Nusantaratv.com - Para peneliti di Norwegia meminta sekolah menekankan aktivitas menulis dengan tangan selama anak-anak kecil.

Aktivitas itu untuk membantu mereka belajar dan mengembangkan memori mereka. Bukan rahasia lagi jika aktivitas otak berbeda ketika seseorang menulis dengan tangan dibandingkan saat seseorang mengetik.

Hal ini berlaku untuk orang dewasa dan anak-anak. Para peneliti dari the Norwegian University of Science and Technology melalukan penelitian itu dengan memasangkan elektroda 250 EEG pada anak-anak dan meminta mereka menulis dengan tangan.

Baca Juga: Miliuner Ini Tolak Divaksin Covid-19, Malah Sebut Bill Gates Orang Bodoh

Mengutip Slash Gear, Senin (5/10/2020), dalam penelitian, anak-anak dipasangi elektroda 250 EEG untuk merekam aktivitas otak mereka. Anak-anak ini lalu diminta mengetik dan menulis tangan. Hasilnya, menulis tangan menjadi pilihan yang lebih tepat.

Menurut pemimpin penelitian Profesor Audrey van der Meer, gelombang otak yang ditemukan pada anak yang menulis tangan lebih aktif. Hal ini menandakan jika menulis dengan tangan membuat memori anak lebih aktif.

Menulis dengan tangan menciptakan lebih banyak aktivitas yang lebih pada bagian sensorimotor otak. Ada banyak indra yang diaktifkan dengan menekan pena pada kertas, melihat huruf yang Anda tulis, dan mendengar suara saat Anda menulis. Pengalaman beberapa indera ini menciptakan kontak di antara berbagai bagian otak dan membuka otak untuk belajar. Kita belajar dan mengingat lebih baik - cetusnya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0