NASA Gandeng Nokia, Bangun Jaringan 4G di Bulan

NASA Memiliki Misi untuk Kembali ke Bulan Pada 2024.
Adiantoro - Teknologi,Minggu, 18-10-2020 11:22 WIB
NASA Gandeng Nokia, Bangun Jaringan 4G di Bulan
Ilustrasi Bulan.

Jakarta, Nusantaratv.com - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan menggandeng Nokia membangun jaringan 4G di bulan.

Dilansir dari Slash Gear, Minggu (18/10/2020), guna mewujudkan ambisinya terhadap proyek tersebut, NASA bahkan berani mengucurkan dana sebesar 14,1 juta dolar AS (Amerika Serikat).

Kontrak tersebut merupakan bagian dari 370 juta dolar AS dalam pendanaan Artemis baru yang diumumkan NASA pada pekan lalu. Sebagian besar uang masuk ke perusahaan seperti SpaceX dan United Launch Alliance guna mencari cara membuat dan menangani bahan bakar roket di luar angkasa.

NASA memiliki misi untuk kembali ke Bulan pada 2024. Administrator NASA Jim Bridenstine mengatakan NASA membutuhkan sistem tenaga yang mampu bertahan lama di permukaan bulan dan kemampuan hunian di permukaan bulan.

Baca Juga: Superkomputer Jepang Tunjukkan Penyebaran Covid-19 Meningkat dalam Kondisi Kering

Cara untuk berkomunikasi di permukaan bulan juga penting, dan itu pasti akan dipenuhi dengan sistem 4G di bulan - ungkapnya.

Proyek komunikasi di bulan diberikan kepada Nokia di Amerika Utara, yang dimiliki oleh perusahaan induk Finlandia, Nokia. Jaringan 4G akan mendukung komunikasi permukaan bulan pada jarak yang lebih jauh dan kecepatan yang meningkat sekaligus lebih dapat diandalkan daripada standar saat ini.

Layanan ini akan memungkinkan komunikasi antara pendarat bulan, penjelajah, habitat, dan astronot. Sistem ini juga dapat digunakan untuk pesawat luar angkasa. Pendanaan akan memungkinkan Nokia untuk memeriksa bagaimana teknologi terestrial dapat dimodifikasi untuk lingkungan bulan.

Namun, masih belum jelas kapan atau apakah sistem 4G ini akan dibangun di Bulan. NASA juga belum memutuskan lokasi pendaratan yang tepat untuk misi Artemis di masa depan, namun menargetkan lokasi berada di dekat endapan es air di Kutub Selatan bulan.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0