iPhone Bakal Pakai Lapisan Berlian Pelindung Layar?

Apple Mempertimbangkan Memakai Lapisan Berlian untuk Membuat iPhone Lebih Awet.
Adiantoro - Teknologi,Kamis, 08-10-2020 11:35 WIB
iPhone Bakal Pakai Lapisan Berlian Pelindung Layar?
Ilustrasi. (Business Insider)

Jakarta, Nusantaratv.com - iPhone 12 kemungkinan akan memakai Gorilla Glass Victus. Lapisan tersebut bakal menggantikan Gorilla Glass 6. Lapisan ini juga bisa bertahan meski dijatuhkan dari ketinggian 6 meter ke permukaan yang kasar.

Dilansir dari Phone Arena, Kamis (8/10/2020), Victus disebutkan dua kali lebih tahan goresan dibandingkan Gorilla Glass 6. Kendati memiliki keunggulan, Victus tetap rentan terhadap goresan, yang bisa memperlemah dan membuatnya rentan terhadap kerusakan. 

Hal ini menjadi alasan, mengapa Apple disebutkan mempertimbangkan memakai lapisan berlian untuk membuat iPhone lebih awet. Menurut penelitian pada November 2018 oleh Allstate, layar retak adalah bentuk kerusakan paling umum pada smartphone, diikuti dengan layar tergores dan baterai yang tidak berfungsi.

Baca Juga: Siap-siap, Apple Rilis iPhone 12 Pekan Depan

Pada 2017, pengguna smartphone di Amerika Serikat (AS) merusak lebih dari 50 juta layar, hampir dua layar setiap detik. Mereka menghabiskan 3,4 miliar dolar AS untuk penggantian layar. Perbaikan layar bisa menghabiskan hingga 170 dolar AS (Rp2,5 juta) hingga paling mahal 329 dolar AS (Rp4,8 juta) untuk model smartphone mahal seperti iPhone 11 Pro Max.

Pengguna iPhone tampaknya memiliki peluang enam kali lebih banyak untuk merusak ponsel mereka dibandingkan karena salah taruh atau dicuri. Menurut data Seeking Alpha, sebagian besar konsumen tidak memperbaiki layar rusak selama ponsel masih berfungsi. Jika ponsel tidak berfungsi, mereka lebih memilih membeli baru dibandingkan memperbaikinya.

Dan, untuk membuat ponsel mereka lebih kuat, Apple akan menggunakan diamond-like carbon coatings (DLC) pada bagian atas Gorilla Glass di masa mendatang. Biaya tambahan untuk hal ini diperkirakan lebih murah.

Sayangnya, informasi detail tentang hal ini masih minim. Tapi paling tidak ada kurang lebih tiga perusahaan yang sudah menciptakan sistem pelapis untuk Gorilla Glass dengan pelapis seperti berlian.
 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0