Google Photos Berhenti Tawarkan Upload Gratis

Pengguna Akan Memiliki Pilihan untuk Berlangganan Salah Satu Paket Google One.
Adiantoro - Teknologi,Kamis, 12-11-2020 13:40 WIB
Google Photos Berhenti Tawarkan Upload Gratis
Ilustrasi. (GSM Arena)

Jakarta, Nusantaratv.com - Salah satu fitur utama Google Photos adalah upload foto dan video serta backup tidak terbatas dan gratis dalam format terkompresi. Kini, Google mengumumkan fitur ini akan dihilangkan pada 1 Juni 2021.

Dilansir dari GSM Arena, Kamis (12/11/2020), mulai 1 Juni 2021, seluruh berkas yang diunggah ke Google Photos akan dihitung dan mengurangi tempat penyimpanan 15GB yang tersedia untuk setiap akun baru. Jika pengguna berlangganan Google One, maka berlaku juga hal yang sama.

Sebelumnya, hanya foto-foto yang diunggah dalam kualitas original yang dihitung dan mengurangi kapasitas penyimpanan. Sedangkan foto yang diunggah dalam format kualitas high terkompresi digratiskan. Perubahan ini hanya berlaku untuk foto-foto yang diunggah setelah 1 Juni 2021.

Hal ini bukan berarti pengguna diharuskan membayar setelah 1 Juni 2021. Jika pengguna belum menggunakan 15GB yang disediakan, pengguna bisa tetap mengunggah hingga kapasitas terpenuhi. Setelah itu, pengguna akan memiliki pilihan untuk berlangganan salah satu paket Google One.

Namun, jika pengguna tidak aktif menggunakan layanan ini selama lebih dari dua tahun atau melebihi batas kapasitas selama dua tahun, Google mungkin akan menghapus berkas milik pengguna.

Jika pengguna mamakai ponsel Pixel, maka fitur backup tidak terbatas untuk foto dan video itu akan tetap digratiskan. Pada Juni 2021, Google akan menawarkan sebuah alat yang mengizinkan pengguna mengatur foto dan video yang diunggah pada Google Photos.

Jadi pengguna bisa memilih berkas yang disimpan dan dihapus lebih mudah. Alat itu akan menekankan secara otomatis berkas dengan kualitas buruk seperti foto atau video yang gelap, kabur serta foto dan video berukuran besar. Dan, perubahan kebijakan ini akan berlaku untuk pengguna Google Photos di semua platform termasuk Android, iOS dan komputer.
 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0