Google Images Tambahkan Label Lisensi Gambar

Google Akan Mengizinkan Para Fotografer Menambahkan Label Ini Lewat Metadata.
Adiantoro - Teknologi,Selasa, 18-08-2020 16:16 WIB
Google Images Tambahkan Label Lisensi Gambar
(Foto: Ubergizmo)

Jakarta, Nusantaratv.com - Permasalahan dengan Google Images adalah siapa saja bisa mencari gambar ataupun foto, mengunduhnya dan menggunakannya tanpa memberikan sumber yang semestinya.

Hal ini tentu saja membuat fotografer profesional merasa frustasi saat mencoba menjual foto-foto mereka dan menemukan beberapa foto dicuri tanpa kompensasi.

Akibatnya, beberapa fotografer memakai cara ekstrim dan memblokir Google Images agar tidak menyertakan foto-foto mereka. Hal tersebut jelas sangat berdampak pada Google. Untuk itu, Google melakukan sesuatu guna mengatasi hal ini.

Baca Juga: Google Diam-diam Uji Coba Jaringan 6GHz 

Dilansir dari Ubergizmo, Selasa (18/8/2020), perusahaan menambahkan label baru pada Google Images. Label itu adalah licenseable. Jika Anda mencari sebuah gambar online yang ingin Anda pakai untuk keperluan komersil, Anda bisa mencari foto atau gambar dengan label ini. Label itu akan tertera pada gambar atau foto yang lisensinya bisa dibeli.

Google akan mengizinkan para fotografer menambahkan label ini lewat metadata atau data terstruktur jika mereka mengunggah foto-foto pada situs mereka.

Saat Anda mencantumkan informasi lisensi secara spesifik pada foto-foto di situs Anda, foto itu bisa menunjukkan label Licenseable pada thumbnail foto di Google Images. Hal ini memberi tahu orang bila  informasi lisensi tersedia pada foto, dan menyediakan tautan untuk lisensi dalam Image Viewer, yang menawarkan informasi lebih detail tentang bagaimana seseorang bisa menggunakan foto itu - tulis Google. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0