Drone Melintas di Atas Bandara Changi, 37 Penerbangan Tertunda Sepuluh Jam

Operasi yang salah dari drone yang dapat menimbulkan ancaman
Adiantoro - Teknologi,Minggu, 14-07-2019 20:15 WIB
Drone Melintas di Atas Bandara Changi, 37 Penerbangan Tertunda Sepuluh Jam
Drone tak dikenal melintas di Bandara Changi, Singapura. (babatpost.com)

Jakarta, Nusantaratv.com - Terdapat 37 penerbangan tertunda selama 10 jam di Bandara Changi, Singapura, pada Selasa (18/6/2019) hingga Rabu (19/6/2019). Ini akibat adanya drone tak dikenal yang melintas.  

"Untuk memastikan keselamatan operasi pesawat dan penumpang, operasi satu landasan pacu ditunda antara pukul 11 malam hingga 9 pagi keesokan harinya.," demikian Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS).

CAAS mencatat Bandara Changi di Singapura ini terus beroperasi hanya dengan satu landasan pacu, sementara operasi di landasan lainnya ditunda. Sekitar 37 penerbangan yang dijadwalkan keberangkatan dan kedatangan di bandara tersebut ditunda. Dampaknya satu penerbangan kedatangan dialihkan ke Kuala Lumpur, Malaysia.

Dilansir The Straits Times dari hitekno, Jumat (21/6/2019), tim khusus multi-agensi yang mencakup CAAS Grup Bandara Changi beserta Angkatan bersenjata Singapura dan polisi tengah dikerahkan untuk mencari dan menemukan operasi. Investigasi atas kasus ini masih berlangsung.

"Pihak berwenang mengambil pandangan serius tentang operasi yang salah dari drone yang dapat menimbulkan ancaman terhadap penerbangan atau membahayakan keselamatan pribadi orang lain, oleh karena itu pihaknya tidak akan ragu untuk mengambil tindakan peneakan terhadap mereka yang melanggar peraturan," terang CAAS.

Menurut Undang-Undang Pesawat Udara (Keselamatan dan Keamanan Publik) penerbangan drone dalam jarak 5 km dari bandara atau pangkalan udara militer atau di ketinggian di atas 200 kaki (61 m) tanpa izin merupakan pelanggaran.

Nantinya mereka yang menerbangkan drone tanpa izin akan dinyatakan bersalah melanggar peraturan-peraturan ini menghadapi denda hingga 20 ribu dolar atau hingga 12 bulan penjara atau hukuman keduanya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0