Departemen Kehakiman AS Gugat Google

Gugatan Terhadap Google Karena Berupaya Merusak Mesin Pencarian yang Menjadi Pesaingnya.
Adiantoro - Teknologi,Kamis, 01-10-2020 07:38 WIB
Departemen Kehakiman AS Gugat Google
Ilustrasi.

Jakarta, Nusantaratv.com - Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) akan mengajukan gugatan terhadap Google, pekan depan.

Gugatan diajukan karena perusahaan teknologi tersebut berupaya merusak mesin pencarian yang menjadi pesaingnya, seperti Microsoft Bing dan lainnya.

Dilansir dari GSM Arena, Kamis (1/10/2020), dengan membatasi akses mereka ke data tentang pengguna dan preferensi mereka, Google mencegah para pesaingnya tersebut untuk meningkatkan platform pencarian dan periklanan mereka. Namun raksasa mesin pencari itu membantah tuduhan tersebut.

Baca Juga: Google Maps Tambah Fitur Baru, Apaan Tuh?

Tak hanya itu, Departemen Kehakiman AS juga melihat bisnis iklan Google yang menjual ruang untuk iklan di bawah hasil pencarian serta alat untuk menjalankan iklan tersebut.

Jaksa Agung negara bagian dilaporkan telah diminta menandatangani gugatan tersebut. Sementara itu, beberapa dari mereka sudah menyelidiki bisnis Google lainnya.

Tahun lalu, Komisi Eropa menghukum Google dengan denda 1,49 miliar euro karena mencoba memperkuat dominasinya dalam iklan pencarian dengan membatasi penggunaan mesin pencari saingan.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0