Canggih! YouTuber Ciptakan Robot Pemotong Rambut

Robot Didesain Memiliki Gerakan Layaknya Lengan Manusia.
Adiantoro - Teknologi,Jumat, 31-07-2020 17:31 WIB
Canggih! YouTuber Ciptakan Robot Pemotong Rambut
Robot pencukur rambut. Ubergizmo)

Jakarta, Nusantaratv.com - Menjaga jarak sekaligus meminimalkan kontak langsung dengan orang lain menjadi salah satu cara memutus penularan virus corona (COVID-19).

Akibatnya, layanan yang melibatkan sentuhan seperti jasa salon maupun barbershop tutup. Masyarakat mengantisipasi kondisi ini dengan memangkas rambut sendiri di rumah.

Dilansir dari Ubergizmo, Jumat (31/7/2020), YouTuber dengan akun Shane of Stuff Made Here menjadikan kondisi ini sebagai pemicu kreativitas. Dia menciptakan robot yang bisa membantunya mencukur rambut.

Robot didesain memiliki gerakan layaknya lengan manusia. Dimana aktivitas yang dilakukan mirip seperti pemangkas rambut sungguhan. Dalam video itu, terlihat bagian dari proses pemotongan rambut melibatkan pemisahan gumpalan rambut. Itulah mengapa penata rambut melakukan banyak menyisir guna memastikan jika mereka mendapatkan gumpalan yang tepat untuk tampilan yang lebih seimbang.

Tak hanya sampai disitu, YouTuber ini juga melengkapi robot pencukur rambut tersebut dengan kecerdasan buatan (Artificial Intteligence/AI), sehingga bisa berkomunikasi menggunakan suara.

Maka sepanjang proses pencukuran rambut, robot bisa memberikan saran tertentu layaknya seorang penata rambut. Sedangkan untuk pemilihan gaya rambut, YouTuber ini membuat aplikasi di iPad. Nantinya, model yang dipilih akan menjadi rujukan robot ketika memangkas rambut setiap objek.

Menurut Shane, dia percaya jika robot pemangkas rambut ini memiliki banyak potensi yang masih bisa dikembangkan di masa akan datang.

Bayangkan, robot ini bekerja berdasarkan hitungan matematika. Karena menggunakan algoritma, jadi bisa memotong rambut dengan lebih presisi, bentuk dan panjang yang sama - kata Shane.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0