Bug Bikin Jengkel, Google Bakal Teliti Sofware Smartphone Semua Merek

Android Mendapat Citra Sebagai Sistem Operasi yang Rentan dengan Celah Keamanan dan Bug.
Adiantoro - Teknologi,Senin, 05-10-2020 14:05 WIB
Bug Bikin Jengkel, Google Bakal Teliti Sofware Smartphone Semua Merek
Ilustrasi. (Gizchina)

Jakarta, Nusantaratv.com - Peneliti di Google bakal menganggap serius pencarian bug dan kerentanan software pada perangkat OEM. Android memang telah lama mendapatkan citra sebagai sistem operasi yang penuh dengan bug dan kerentanan.

Mengutip Gizchina, Senin (5/10/2020), banyaknya kerentanan, bug, dan risiko peretasan yang terus-menerus membuat pengguna menilai sinis ponsel berbasis Android. Tapi, tidak semuanya bergantung pada Google. Ada banyak perangkat Android di pasaran yang memiliki karakteristik, harga, dan pabrikan yang berbeda.

Target audiens sistem operasi dari Google sangat besar dan vendor terbesar berusaha meningkatkan Android dengan cara mereka sendiri. Namun, seringkali tidak semua antarmuka pengguna dan aplikasi pihak ketiga mendapatkan keuntungan dari keamanan 'robot hijau'.

Untuk itu, insinyur Google memutuskan mulai meneliti software pabrikan smartphone untuk kesalahan yang dapat memengaruhi keamanan Android.

Inisiatif ini disebut Android Partner Vulnerability Initiative (APVI) dan tim peneliti telah mengidentifikasi sejumlah masalah yang telah dilaporkan ke OEM. Secara khusus, maka akan berbicara mengenai perusahaan seperti Samsung, Huawei, Oppo, Vivo, Meizu dan ZTE.

Sayangnya, dalam beberapa kasus tidak ada reaksi dan sejumlah kerentanan tidak pernah diperbaiki. Untuk bagiannya, Google telah membuat situs khusus di mana mereka akan mempublikasikan informasi tentang lubang yang teridentifikasi.

Baca Juga: Awas Malware Joker Sembunyi di 17 Aplikasi Ini, Cek Ponselmu Segera!

Sementara itu, versi resmi Android 11 sekarang tersedia, tapi ini bukan sistem yang 'sempurna' tanpa bug. Menurut laporan terbaru, pengguna mengalami bug yang merusak multitasking pada sistem ini. Bug merusak kemampuan pengguna untuk menggesek ke atas dan melihat aplikasi yang baru saja digunakan. Ini adalah fitur yang sangat populer bagi banyak pengguna smartphone, sehingga tidak bisa luput dari perhatian.

Bahkan, terkadang smartphone berkedip hitam dengan efek zoom yang aneh. Hal ini mencegah pengguna membuka aplikasi lebih jauh. Kesalahan multitasking muncul di semua perangkat Pixel yang diperbarui ke Android 11, termasuk Google Pixel 2, 3, 4, dan bahkan Google Pixel 4a.

Kendala ini tampaknya menjadi masalah yang tersebar luas dan ada laporan di berbagai platform. Laman Gizchina melaporkan telah melihat keluhan di Reddit, Forum Komunitas Pixel, dan bahkan Forum Dukungan Android 11.

Apakah ada perbaikan cepat untuk masalah ini? Ya, beberapa pengguna untuk sementara 'memecahkan' masalah ini hanya dengan mengunci dan membuka kunci perangkat mereka. Tapi, ini bukan solusi jangka panjang karena masalah tersebut muncul kembali.

Menurut laporan, ini bukan pertama kalinya masalah ini merusak sistem Android 11. Masalah ini sudah jelas, meskipun mengingat sistem telah dalam pratinjau pengembang, bug diharapkan terjadi. Namun demikian, versi stabil Android 11 yang baru dirilis tidak menyelesaikan masalah ini.

Namun, beruntung, Forum Dukungan Android 11 (IssueTracker), Google ada di atas masalah ini. Perusahaan akan merilis perbaikan di update berikutnya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0