Apple Rilis Prosesor 5nm yang Pertama di Dunia

A14 Bionic Menyuguhkan Performa CPU 17 Persen Lebih Cepat dan GPU 8 Persen Lebih Baik Jika Dibandingkan Dengan Pendahulunya.
Adiantoro - Teknologi,Rabu, 16-09-2020 12:27 WIB
Apple Rilis Prosesor 5nm yang Pertama di Dunia
(GSM Arena)

Jakarta, Nusantaratv.com - Event yang dihelat Apple pada September biasanya menjadi ajang perilisan lini iPhone baru. Namun, pada 2020 ini berbeda dari tahun sebelumnya, event yang baru saja dihelat ini memperkenalkan Apple Watch dan iPad.

Dalam event itu, Apple sekaligus memperkenalkan chipset Bionic yang akan memberi daya pada lini smartphone terbaru Apple, yakni iPhone 12. Dilansir dari GSM Arena, Rabu (16/9/2020), chipset ini merupakan pertama di dunia yang dibangun menggunakan proses 5nm baru.

Upaya raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) ini mengalahkan smartphone Android yang sampai saat ini masih menggunakan chipset yang dibangun menggunakan proses 7nm. Chipset A14 Bionic ini didukung enam core CPU dan GPU quad-core.

Baca Juga: Hari Ini, Apple Rilis iOS 14, iPadOS 14, watchOS 7, dan tvOS 14

Namun, menariknya Apple memilih untuk membandingkan angka performa chipset ini dengan A12 dibandingkan dengan A13. Apple mengklaim chipset ini meningkatkan performa CPU hingga 40 persen dan peningkatan grafis hingga 30 persen.

Pada tahun lalu, Apple mengklaim A13 Bionic membawa peningkatan kecepatan sebesar 20 persen jika dibandingkan dengan A12 Bionic. Artinya, A14 Bionic menyuguhkan performa CPU 17 persen lebih cepat dan GPU delapan persen lebih baik jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Peningkatan ini memang tidak besar, namun menawarkan peningkatan efisiensi konsumsi daya lebih baik berkat proses pembangunannya. Di sisi lain, Apple masih mempertahankan tradisinya dengan tidak membahas soal kecepatan clock, meski menjanjikan masa pakai baterai selama 10 jam pada iPad 4 baru, serupa perangkat tablet pendahulunya.

Namun, tablet baru ini berbekal baterai 28,6Wh, lebih rendah 8 persen dari 30,8Wh pada perangkat yang diluncurkan pada 2019. Sayangnya, belum terungkap informasi terkait kemampuan chipset ini dalam menghemat konsumsi daya pada lini iPhone 12.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0