Samsung Pamerkan RAM 16GB dengan Teknologi EUV

Samsung Bersiap Menawarkan RAM Barunya Tersebut ke Smartphone Flagship-nya.
Adiantoro - Teknologi,Selasa, 01-09-2020 10:53 WIB
Samsung Pamerkan RAM 16GB dengan Teknologi EUV
Samsung LPDDR5. (Gizmochina)

Jakarta, Nusantaratv.com - Samsung merupakan perusahaan yang berpengalaman dalam memproduksi chip memori. Raksasa teknologi asal Korea Selatan (Korsel) itu baru-baru ini memamerkan chip RAM seluler terbarunya, yang dibuat menggunakan teknologi extreme ultraviolet lithography (EUV).

Menurut laporan Engadget, seperti dilansir dari Gizmochina, Selasa (1/9/2020), Samsung telah memulai produksi RAM mobile LPDDR5 16GB, yang dibuat dengan teknologi EUV untuk pertama kalinya. Bagi yang belum tahu, teknik ini menggunakan laser dan bahan kimia peka cahaya untuk mengetsa silikon.

Perkembangan ini merupakan terobosan dalam kemampuan produksi memori Samsung, yang memberikan keunggulan bagi para pesaingnya. Kemampuan Samsung memberikan kemajuan dalam pertumbuhan industri memori.

Baca Juga: Waspada! Bug Update Windows 10 Terbaru Bisa Rusak SSD

Melihat beberapa peningkatannya, chip memori baru ini hadir dengan bandwidth 16 persen lebih cepat daripada RAM 12GB sebelumnya. Peningkatan bandwidth memori yang bisa mencapai hingga 6.4Gbps sementara ukurannya juga 30 persen lebih kecil, menjadi terobosan terbaru dari Samsung.

Di mana hal ini seringkali menjadi masalah besar di pasar RAM mobile. RAM yang menyusut memungkinkan produsen smartphone membuat perangkat mereka lebih ramping atau menawarkan lebih banyak ruang internal untuk komponen lain seperti baterai.

Saat ini, Samsung tengah bersiap untuk menawarkan RAM barunya tersebut ke smartphone flagship-nya. Ada kemungkinan gadget generasi mendatang dari kelas premium milik perusahaan raksasa Korsel bakal menampilkan chip ini.

Tampaknya perusahaan juga akan menawarkannya ke perusahaan lain. Samsung juga berencana untuk membawa chip baru ini ke dalam industri otomotif untuk meningkatkan sistem infotainment di mobil.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0