Pandemi COVID-19, Kejahatan Siber Meningkat Tajam

PBB dan Pakar Global Belum Sepenuhnya Memahami Dampak dan Konsekuensi Pandemi COVID-19.
Adiantoro - Teknologi,Sabtu, 08-08-2020 14:07 WIB
Pandemi COVID-19, Kejahatan Siber Meningkat Tajam
Ilustrasi. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan terdapat peningkatan 350 persen situs web phising pada kuartal pertama tahun ini.

Banyak yang menargetkan rumah sakit dan sistem perawatan kesehatan dan menghambat pekerjaan mereka dalam menanggapi pandemi COVID-19 - kata kepala kontraterorisme PBB, Vladimir Voronkov, dilansir dari AP, Sabtu (8/8/2020).

Lebih lanjut, dia mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB, lonjakan munculnya situs phishing adalah bagian dari peningkatan signifikan dalam kejahatan dunia maya dalam beberapa bulan terakhir.

Baca Juga: Waspada! Ada 25 Aplikasi Android Pencuri Password Facebook

Vladimir menyebut bila hal itu juga dilaporkan oleh para pembicara di pekan Penanggulangan Terorisme Virtual pertama di PBB, pada bulan lalu.

Dia juga mengatakan PBB dan pakar global belum sepenuhnya memahami dampak dan konsekuensi pandemi COVID-19 terhadap perdamaian dan keamanan global, dan lebih khusus lagi pada kejahatan terorganisir dan terorisme.

Kami tahu teroris mengeksploitasi gangguan signifikan dan kesulitan ekonomi yang disebabkan oleh COVID-19 untuk menyebarkan ketakutan, kebencian dan perpecahan serta meradikalisasi dan merekrut pengikut baru - ungkapnya.

Peningkatan penggunaan internet dan kejahatan dunia maya selama pandemi semakin memperparah masalah - tukas Vladimir.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0