Google Maps Dilarang, Huawei Pakai TomTom

TomTom Telah Meneken Kesepakatan Dengan Huawei Sejak Januari Lalu.
Adiantoro - Teknologi,Jumat, 04-09-2020 08:51 WIB
Google Maps Dilarang, Huawei Pakai TomTom
Aplikasi TomTom GO Navigation. (GSM Arena)

Jakarta, Nusantaratv.com - Aplikasi Google Maps yang sangat populer tak bisa digunakan di beberapa smartphone Huawei terbaru akibat sanksi yang dikenakan Pemerintah Amerika Serikat (AS).

Negara Adi Kuasa itu melarang semua perusahaannya, termasuk Google, untuk bekerja sama dengan Huawei. Akibatnya, semua layanan mobile Google kini tak lagi bisa ditemukan di jajaran ponsel baru Huawei.

Kini, seperti dilansir dari GSM Arena, Jumat (4/9/2020), Huawei akhirnya punya pengganti Google Maps di toko aplikasinya AppGallery, yakni TomTom. Aplikasi TomTom besutan perusahaan Belanda itu sudah tersedia di seluruh perangkat buatan raksasa teknologi Cina tersebut.

TomTom telah meneken kesepakatan dengan Huawei sejak Januari lalu. Tapi baru pekan ini aplikasi navigasi tersebut benar-benar tersedia di AppGallery.

Baca Juga: Ini Smartphone yang Bakal Kebagian Android 13?

Namun, sayangnya, TomTom tidak bisa digunakan secara gratis seperti Google Maps. Pengguna boleh memakai gratis selama sebulan, tapi setelah itu harus berlangganan. Biaya per bulannya mencapai 1,99 euro atau 12,99 per tahun.

Dan, untuk bisa menggunakan TomTom, pengguna harus mengunduh sejumlah peta agar aplikasi bisa digunakan saat offline. Pengguna juga bisa memasukkan alamat rumah, tempat kerja, dan lokasi lain dengan lebih mudah di aplikasi itu.

Terlepas dari itu, kelemahan TomTom yakni belum terintegrasi dengan layanan publik seperti moda transporasi massal, tapi petanya dinilai lebih rinci untuk navigasi dan lebih akurat ketimbang Google Maps, terutama untuk berpindah dari titik A ke titik B.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0