Google Docs Gunakan Kecerdasan Buatan untuk Prediksi Tulisan Pengguna

Google Tambahkan Kemampuan Google Docs Melalui Update Baru.
Adiantoro - Teknologi,Kamis, 06-08-2020 14:49 WIB
Google Docs Gunakan Kecerdasan Buatan untuk Prediksi Tulisan Pengguna
Ilustrasi Google Docs. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Google Docs merupakan salah satu alternatif dalam membuat tulisan, terutama ketika sedang tidak memiliki banyak waktu untuk membuka laptop atau komputer.

Dimana salah satu keunggulan Google Docs adalah kemampuan mengaksesnya di mana saja. Untuk itu, Google menambahkan kemampuan Google Docs melalui update baru. Dengan update tersebut, Google memberikan kemampuan Smart Compose untuk Google Docs versi Android dan iOS.

Dilansir dari Android Authority, Kamis (6/8/2020), sama halnya di Gmail, Docs akan menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk memberikan saran kata selanjutnya dalam sebuah konteks kalimat.

Baca Juga: Pandemi CVID-19, Google Tambahkan Homeschool di Produk Cerdas Assistant

Pengguna hanya perlu melakukan swipe ke kanan untuk menyetujui saran itu jika muncul. Perlu diketahui, fitur ini hanya bekerja untuk versi aplikasi mobile saja. Tak hanya itu, pengguna juga dapat melakukan pratinjau tautan yang ada di dalam Google Docs.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat isi tautan tersebut tanpa harus keluar dari aplikasi Google Docs. Tautan ini akan menampilkan judul, deskripsi dan thumbnail yang ada di dalamnya.

Smart Compose kini sudah dapat digunakan oleh pengguna iOS. Namun, versi Android harus menunggu hingga 12 Agustus untuk dapat menggunakan fitur ini. Pratinjau tautan juga sudah tersedia di iOS dan versi Web. Lagi-lagi, fitur ini baru akan diterima pengguna Android pada 12 Agustus mendatang.

Penambahan fitur ini merupakan bagian dari update G Suite mobile. Di versi Android, beberapa tambahan juga diberikan, misalnya dukungan tema gelap dan kemudahan untuk mengedit file Microsoft Office. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0