Google Diam-diam Uji Coba Jaringan 6GHz

Google Belum Memberikan Komentar Terkait Uji Coba Jaringan 6GHz
Adiantoro - Teknologi,Selasa, 18-08-2020 12:09 WIB
Google Diam-diam Uji Coba Jaringan 6GHz
Google. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Google dikabarkan secara diam-diam sedang melakukan uji coba jaringan 6Ghz di beberapa negara bagian Amerika serikat (AS).

Raksasa teknologi itu berharap uji coba berlangsung selama 24 bulan, dan telah meminta izin melakukan tes di 26 kota besar dan kecil di 17 negara bagian AS, termasuk Arizona, California, Colorado, Florida, Georgia, Illinois, Iowa, Kansas, Nebraska, Nevada, New York, Carolina Utara, Oklahoma, Oregon, Texas, Utah, dan Virginia.

Dilansir dari The Verge, Selasa (18/8/2020), Google ingin bereksperimen dengan spektrum 6GHz untuk menghasilkan informasi teknis yang relevan dengan kegunaan frekuensi tersebut guna menyediakan koneksi broadband yang andal.

Baca Juga: Tahun Depan, Microsoft Tak Lagi Beri Dukungan untuk Internet Explorer

Hal ini menegaskan bila saat ini Google sedang mempersiapkan jaringan internet rumahan menggunakan teknologi tersebut. Namun, mereka sepertinya memiliki rencana lain untuk menggunakan jaringan tersebut.

Bahkan kendaraan otonom juga dikabarkan akan dapat menggunakan teknologi wireless 6GHz untuk berkomunikasi dengan kendaraan lainnya. Dikabarkan, spesifikasi 5G terbaru juga menunjukkan penggunaan spektrum 6GHz.

Di sisi lain, baru-baru ini FCC juga menyetujui sebidang spektrum 6GHz tanpa lisensi, yang membuka kesempatan bagi banyak pihak untuk memanfaatkannya. Selain itu, router Wi-Fi 6E juga dapat berjalan pada 6GHz yang akan banyak digunakan di berbagai teknologi.

Jaringan 6GHZ diharapkan membawa koneksi yang lebih cepat dan lebih andal. Tak ketinggalan, jaringan ini juga memiliki bandwidth yang jauh lebih besar dibandingkan koneksi 2.4GHz atau 5GHz. Namun, hingga kini Google masih belum memberikan komentar terkait hal ini. Namun, mereka mengatakan akan membawa jaringan 6Ghz ini ke ranah komersial.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0