Duh! Intel Diretas, Data Rahasia Sebesar 20 GB Bocor

Intel Merilis Pernyataan di Mana Mereka Membantah Adanya Peretasan.
Adiantoro - Teknologi,Jumat, 07-08-2020 11:21 WIB
Duh! Intel Diretas, Data Rahasia Sebesar 20 GB Bocor
Intel. (Ubergizmo)

Jakarta, Nusantaratv.com - Tahun ini sepertinya bukan tahun yang baik untuk Intel. Pasalnya, baru-baru ini perusahaan itu diretas dan informasi rahasia sebesar 20GB dicuri dan diunggah ke internet.

Dilansir dari Ubergizmo, Jumat (7/8/2020), insiden ini diungkap oleh teknisi software bernama Till Kottmann, yang memperoleh kiriman berkas-berkas itu dari seorang peretas anonim.

Bocoran itu dibenarkan ZDNet, yang berhasil memverifikasi keaslian data itu dengan bantuan para peneliti keamanan. File-file yang bocor dikatakan memiliki properti intelektual Intel terkait desain internal dari berbagai chipset, termasuk spesifikasi teknis, panduan produk dan manual dari produk Intel mulai dari 2016.

Baca Juga: Intel Siapkan Prosesor Tiger Lake Generasi Ke-11

Kabar baiknya adalah peretasan ini tidak mempengaruhi konsumen Intel atau para pegawainya. Jadi sepertinya pelaku peretasan ini hanya mencuri informasi produk Intel dan bukannya mencuri informasi konsumen perusahaan itu. Namun, berita buruknya adalah karena kode BIO dibocorkan di internet, para peretas lain bisa menggunakannya untuk melakukan reverse engineer atau memanipulasinya sehingga bisa mempengaruhi produk Intel saat ini atau bahkan di masa depan.

Intel merilis pernyataan di mana mereka membantah adanya peretasan. Tapi mereka mengakui jika ada beberapa data mereka yang disebarkan. 

Kami menyelidiki situasi ini. Informasi itu sepertinya berasal dari the Intel Resource and Design Center, yang menyimpan informasi untuk digunakan oleh para konsumen, rekanan dan pihak eksternal lainnya yang mendaftar untuk memperoleh akses. Kami percaya seorang individu dengan akses mengunduh dan membagikan data ini - tulis Intel.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0