NASA Ungkap Suara Mengerikan dan Temukan Molekul Aneh

Molekul berbasis karbon sederhana ini mungkin menjadi pendahulu senyawa yang lebih kompleks yang dapat membentuk kemungkinan...
Raymond - Teknologi,Jumat, 30-10-2020 16:30 WIB
NASA Ungkap Suara Mengerikan dan Temukan Molekul Aneh
ilustrasi, sumber foto: extremetech

Nusantaratv.com - NASA merilis setidaknya terdengar ada empat suara misterius di alam semesta. Dimana suaa tersebut terdengar menyeramkan dan berhasil direkam lewat misi pesawat luar angkasanya. Adapun suara misterius itu terdengar seperti derit, retakan, dan cekikikan. Ada juga suara yang berisi erangan dan peluit.

Berikut suara-suara misterius di alam semesta yang NASA kumpulkan dalam daftar putar SoundCloud Halloween, sebagaimana dikutip dari laman resmi NASA, Jumat (30/10/2020).

Gempa di Mars

Misi pendaratan pesawat tanpa awak Mars InSight telah mengukur dan merekam untuk pertama kalinya suara kemungkinan "Marsquake". Seismic Experiment for Interior Structure (SEIS) mendeteksi sinyal seismik yang lemah ini pada 2019.

Suara Alam Semesta Kuno

Pada 13,8 miliar tahun lalu alam semesta tidak terdiri dari bintang dan planet, hanya berupa bola plasma panas atau campuran elektron, proton, serta cahaya. Gelombang suara mengguncang bayi semesta ini, dipicu fluktuasi menit, atau "kuantum", yang terjadi beberapa saat setelah big bang menciptakan kosmos. Suara dari alam semesta awal ditangkap oleh pesawat ruang angkasa Planck milik ESA.

Lagu Dari Pusat Galaxi

Pusat Galaksi Bima Sakti terlalu jauh untuk dikunjungi secara langsung, tapi masih bisa menjelajahinya. Teleskop memberi kesempatan melihat seperti apa pusat galaksi dalam berbagai jenis cahaya dan sonifikasi adalah proses yang menerjemahkan data menjadi suara. Pengamatan dari Observatorium Chandra X-Ray NASA menghasilkan suara seperti lagu dari lubang hitam supermasif bermassa 4 juta massa surya di Pusat Galaksi Bima Sakti.

Aura Berputar Di Jupiter

Pada jarak dekat keempatnya dengan Jupiter pada 2 Februari 2017, pesawat luar angkasa Juno NASA mengamati sinyal gelombang plasma dari ionosfer Jupiter. Instrumen Juno's Waves mengukur gelombang radio dan plasma di magnetosfer Jupiter seperti yang didengar di daftar putar ini. Gelombang plasma tersebut tampak seperti aura yang berputar-putar di Jupiter.

Selain itu, NASA juga menemukan molekul aneh di atmosfer bulan terbesar Saturnus Titan. Molekul tersebut kemungkinan besar adalah siklopropenilidena yang merupakan sebuah kombinasi karbon dan hidrogen.

"Para ilmuwan mengatakan bahwa molekul berbasis karbon sederhana ini mungkin menjadi pendahulu senyawa yang lebih kompleks yang dapat membentuk kemungkinan kehidupan di Titan," kata NASA dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip CNET pada Jumat (30/10/2020).

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0