Siap-siap, Google Terapkan Potongan 30 Persen Pembelian Dalam Aplikasi

Epic Games Menghadapi Masalah Dengan Google dan Apple Setelah Menolak Membayar 30 Persen.
Adiantoro - Teknologi,Kamis, 01-10-2020 11:07 WIB
Siap-siap, Google Terapkan Potongan 30 Persen Pembelian Dalam Aplikasi
Ilustrasi.

Jakarta, Nusantaratv.com - Google mengambil 30 persen dari setiap pembelian dalam aplikasi untuk sebagian besar aplikasi di Play Store.

Perusahaan juga menyatakan jika mereka berencana menegakkan aturan ini lebih ketat mulai 30 September 2021. Google mengatakan sekitar 97 persen dari aplikasi di Play Store sudah menggunakan sistem ini, dan mematuhi kebijakan tersebut.

Mengutip GSM Arena, Kamis (1/10/2020), aplikasi besar seperti Spotify dan Netflix biasanya mengakali aturan Google dengan meminta kartu debit/kredit pengguna secara langsung. Dengan demikian, pembelian dalam aplikasi langsung masuk ke dalam penghasilan perusahaan.

Baca Juga: Departemen Kehakiman AS Gugat Google

Baru-baru ini, Epic Games menghadapi masalah dengan Google dan Apple setelah menolak membayar 30 persen. Tentu saja, Android mengizinkan toko aplikasi pihak ketiga seperti Galaxy Store milik Samsung dan AppGallery besutan Huawei.

Selain itu, memasang aplikasi dari situs seperti APKPure atau APKMirror atau situs resmi pengembang aplikasi juga lebih mudah. Bahkan mulai Android 12, Google akan berupaya mempermudah penggunaan toko aplikasi pihak ketiga.

Dengan langkah ini, Google akan lebih mudah menerapkan penggunaan sistem pembayaran mereka tanpa adanya campur tangan dari otoritas yang berwenang.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0