Segera Hapus, 7 Aplikasi Jahat Ini Menyebar di TikTok dan Instagram

Ditemukan Tiga Akun TikTok yang Mempromosikan Aplikasi Jahat Ini.
Adiantoro - Teknologi,Jumat, 25-09-2020 13:20 WIB
Segera Hapus, 7 Aplikasi Jahat Ini Menyebar di TikTok dan Instagram
Ilustrasi.

Jakarta, Nusantaratv.com - Sejumlah aplikasi jahat di iOS dan Android yang berisi adware dan bisa menguras kocek pengguna belum lama ini ditemukan oleh peneliti.

Lebih mengkhawatirkan, aplikasi-aplikasi jahat ini sudah diunduh lebih dari 2,4 juta kali dari App Store dan Play Store. Aplikasi jahat tersebut berpura-pura menawarkan fitur berupa wallpaper, musik, konten hiburan dan gim sederhana.

Beberapa aplikasi ini, seperti dilansir dari Phone Arena, Jumat (25/9/2020), ternyata trojan HiddenAds yang menyamar sebagai aplikasi berguna, tapi justru menampilkan iklan yang mengganggu di luar aplikasi.

Selain menampilkan iklan yang menyebalkan, aplikasi ini juga menyulitkan pengguna yang ingin menghapusnya dengan menyembunyikan ikonnya, sehingga pengguna kesulitan mencari asal muasal iklan mengganggu tersebut.

Beberapa dari aplikasi ini bahkan mengharuskan pengguna membayar 2 hingga 10 dolar AS (Rp30 ribu - Rp149 ribu) untuk pembelian dalam aplikasi jika ingin menggunakan fiturnya yang sebenarnya sangat sederhana. Menurut Sensor Tower, berkat teknik ini, pembuat aplikasi tersebut sudah meraup pendapatan 500 ribu dolar AS (Rp7,4 miliar).

Baca Juga: Google Maps Bisa Tunjukkan Wabah COVID-19 di 220 Negara

Beberapa aplikasi ini kerap dipromosikan di media sosial seperti TikTok dan Instagram. Peneliti berhasil menemukan aplikasi-aplikasi ini setelah seorang anak perempuan melihat aplikasi yang terlihat jahat dan melaporkannya ke Be Safe Online, sebuah proyek di Republik Ceko yang mendidik anak-anak tentang keamanan online.

Berdasarkan laporan tersebut, peneliti yang berasal dari Avast berhasil menemukan 11 aplikasi untuk iOS dan Android yang melakukan penipuan serupa.

Kami berterima kasih kepada gadis muda yang melaporkan profil TikTok kepada kami - kata Threat Analyst Avast Jakub Vávra dalam keterangannya.

Kesadaran dan tindakannya yang bertanggung jawab adalah jenis komitmen yang harus kita semua tunjukkan untuk menjadikan dunia maya tempat yang lebih aman - lanjutnya. 

Aplikasi yang ditemukan adalah penipuan dan melanggar kebijakan aplikasi Google dan Apple dengan membuat klaim yang menyesatkan seputar fungsi aplikasi, atau menayangkan iklan di luar aplikasi dan menyembunyikan ikon aplikasi asli segera setelah aplikasi dipasang.

Disebutkan, Avast menemukan tiga akun TikTok yang mempromosikan aplikasi jahat ini, dan salah satunya memiliki lebih dari 300 ribu followers. Seorang pengguna Instagram dengan 5.000 followers juga ketahuan mempromosikan aplikasi serupa.

Pengguna TikTok dan Instagram yang mempromosikan aplikasi-aplikasi tersebut memberikan tautan menuju App Store atau Play Store untuk mengunduhnya. Vávra mengaku khawatir karena aplikasi jahat seperti ini dipromosikan di platform yang banyak digunakan anak-anak.

Hal ini terutama mengkhawatirkan bahwa aplikasi tersebut dipromosikan di platform media sosial yang populer di kalangan anak-anak yang masih muda, yang mungkin tidak mengenali tanda bahaya seputar aplikasi aplikasi tersebut dan mungkin akan terjebak - ungkap Vávra. 

Avast mengatakan mereka telah memberi tahu Apple dan Google tentang temuannya tersebut. Avast juga memperingatkan TikTok dan Instagram tentang akun-akun yang mempromosikan aplikasi-aplikasi tersebut.

Berikut aplikasi jahat yang ditemukan Avast, sebaiknya segera dihapus jika tidak ingin menguras kocek pemilik ponsel:

Google Play Store:

- ThemeZone - Shawky App Free - Shock My Friends
- Tap Roulette ++Shock my Friend
- Ulimate Music Downloader - Free Download Music

App Store:

- Shock My Friends - Satuna
- 666 Time
- ThemeZone - Live Wallpapers
- Shock My Friend Tap Roulette V

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
1
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0