Segera Hapus, 21 Aplikasi Populer Ini Berisi Malware

Google Tidak Bisa Berbuat Banyak untuk Mencegah Ancaman Ini Masuk dan Terutama Memusnahkannya Tanpa Ampun.
Adiantoro - Teknologi,Minggu, 25-10-2020 21:46 WIB
Segera Hapus, 21 Aplikasi Populer Ini Berisi Malware
Ilustrasi.

Jakarta, Nusantaratv.com - Perusahaan keamanan siber memperingatkan pengguna Android tentang bahaya terbaru yang mereka temukan bersembunyi di Play Store. Sejumlah aplikasi populer ini sebaiknya segera dihapus dari ponsel.

Mengutip Phone Arena, Minggu (25/10/2020), serangan adware dalam beberapa waktu terakhir ini makin marak. Adware merupakan software yang menghasilkan pendapatan bagi pengembangnya yang secara otomatis menghasilkan iklan online di antarmuka pengguna software atau pada layar yang disajikan kepada pengguna selama proses instalasi.

Tentu saja, fenomena adware berbahaya bukanlah hal baru. Adware kerap mengintai platform paling populer di dunia yakni Android. Nah! 21 aplikasi Android yang diumumkan perusahaan antivirus Avast pada awal pekan ini menjadi sorotan untuk pertama kalinya.

Setelah mempelajari perilaku aplikasi-aplikasi ini dengan cermat serta menyisir ratusan ulasan pengguna, Avast menyimpulkan jika 21 aplikasi ini sebaiknya dihapus dari ponsel.

Baca Juga: Begini Cara Memindai Komputer dari Malware

Berikut ini daftar aplikasi berbahaya:

1. Shoot Them
2. Crush Car
3. Rolling Scroll
4. Helicopter Attack - New
5. Assassin Legend - 2020 New
6. Helicopter Shoot
7. Rugby Pass
8. Flying Skateboard
9. Iron it
10. Shooting Run
11. Plant Monster
12. Find Hidden
13. Find 5 Differences - 2020 New
14. Rotate Shape
15. Jump Jump
16. Find the Differences - Puzzle Game
17. Sway Man
18. Desert Against
19. Money Destroyer
20. Cream Trip - New
21. Props Rescue

Pengguna Android mungkin bertanya-tanya apa yang salah dengan aplikasi Android ini. Sebab, sepertinya tidak terlihat berbahaya atau mencurigakan pada pandangan pertama. Dimana sebagian besar ulasan aplikasi yang tercantum di atas menyebutkan iklan YouTube yang ditampilkan di aplikasi mereka mempromosikan fungsionalitas yang sangat berbeda.

Setelah menarik perhatian orang-orang dengan iklan yang menipu, pengembang aplikasi nakal dari 21 game ini akan mulai membombardir pelanggan dengan lebih banyak iklan. Bahkan, banyak di antaranya muncul di luar aplikasi itu sendiri, membuat pelakunya sangat sulit untuk dikenali.

Lalu, bagaimana tips agar aman? Pengguna Android tidak boleh hanya mengandalkan Google untuk melindungi diri dari adware, malware, ransomware, spyware, dan semua jenis trojan dan virus lainnya yang sering menimbulkan malapetaka di Play Store resmi.

Google juga tidak bisa berbuat banyak untuk mencegah ancaman ini masuk dan terutama memusnahkannya tanpa ampun. Hal lain yang juga tidak boleh diandalkan adalah jumlah penginstalan aplikasi. Jumlah unduhan Google Play tidak selalu mewakili keandalan aplikasi.

Jadi, aplikasi yang punya angka download besar dan tampaknya populer juga bisa berbahaya. Sebaliknya, yang paling harus diperhatikan sebelum memasang aplikasi di ponsel Android adalah ulasan pengguna. Apliaksi apa pun yang memiliki peringkat bintang 5 maupun bintang 1 mungkin sama berbahayanya.

Dan, sayangnya, pengguna tidak akan pernah bisa 100 persen terlindungi dari semua bentuk malware Android. Tapi, setidaknya, bisa lebih waspada dalam menghindari ancaman keamanan paling nyata tersebut.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
1
sad
0
wow
0