Pandemi CVID-19, Google Tambahkan Homeschool di Produk Cerdas Assistant

Google Menghadirkan Sejumlah Fitur Baru.
Adiantoro - Teknologi,Rabu, 05-08-2020 15:45 WIB
Pandemi CVID-19, Google Tambahkan Homeschool di Produk Cerdas Assistant
Fitur Family Bell baru di Google Assistant menampilkan layar dan speaker cerdas. (Google)

Jakarta, Nusantaratv.com - Google memperluas kemampuan Asisstant pada layar dan speaker cerdas demi mempermudah keluarga yang melakukan kegiatan bersekolah anak di rumah selama pandemi virus corona (COVID-19).

Dilansir dari The Verge, Rabu (5/8/2020), Google menghadirkan sejumlah fitur baru. Yakni, fitur pertama adalah Family Bell, pengingat seperti alarm yang dapat disiarkan dari layar atau speaker cerdas Nest Home pada waktu yang ditentukan.

Google mengklaim Family Bell sebagai cara bagi keluarga untuk mengumumkan waktu pembelajaran jarak jauh dimulai atau waktu untuk tidur. Selain itu, orang tua dapat memprogram Family Bell melalui aplikasi Assistant di ponsel, seperti mengatur waktu alarm berbunyi dan diulang pada hari tertentu, serta memilih layar atau speaker cerdas yang akan berbunyi.

Pengingat Family Bell juga dapat diprogram melalui perintah suara 'Hey Google', namun manajemen setelahnya harus diselesaikan melalui aplikasi Assistant. Saat Family Bell berbunyi, perangkat Nest akan mengeluarkan bunyi dan menyampaikan jadwal yang telah diprogram pada aplikasi.

Baca Juga: Akhir Tahun, YouTube Music Bakal Gantikan Google Play Music 

Pengguna dapat memprogram sejumlah Family Bell untuk waktu yang bersamaan, namun hanya dapat menyiarkan jadwal dari satu layar atau speaker cerdas. Fitur baru lainnya ditujukan untuk anak yang bersekolah di rumah adalah kemampuan mengumumkan waktu sekolah dimulai dan menampilkan grafik bertema edukasi pada layar atau speaker cerdas.

Fitur ini juga mampu memprogram perangkat rumah cerdas, seperti lampu, untuk menanggapi perintah terkait. Senior Director of Product Management for Google Assistant menyebutnya seperti bel sekolah tempo dulu, tapi di rumah masing-masing pengguna.

Google juga memperluas fitur broadcast, memungkinkan untuk menyiarkan pengingat yang dirancang khusus oleh pengguna ke seluruh speaker Nest di rumah. Kini, pengguna dapat mengatur speaker atau layar cerdas spesifik yang dituju oleh fitur ini, sehingga tidak akan mengganggu anak yang sedang tertidur.

Layar dan speaker cerdas Nest juga berbekal fitur hewan untuk hari ini, yang akan menyuguhkan fakta, suara dan tugas kreatif seperti menggambar untuk hewan berbeda setiap harinya. Pengguna dapat mendengarkan informasi terkait hewan tersebut dengan memberikan perintah 'Hey Google, tell me about the animal of the day', kepada layar atau speaker cerdas Nest.

Dan, seluruh fitur ini telah digulirkan ke layar cerdas Nest Hub dan speaker Nest Home mulai Selasa (4/8/2020).

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0