Ikuti Jejak India dan AS, Jepang Blokir TikTok dan Aplikasi Cina Lainnya?

TikTok Berhasil Menarik Para Pesohor Jepang untuk Membuat Konten.
Adiantoro - Teknologi,Rabu, 29-07-2020 15:52 WIB
Ikuti Jejak India dan AS, Jepang Blokir TikTok dan Aplikasi Cina Lainnya?
Aplikasi TikTok. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Sejumlah anggota parlemen Jepang dikabarkan sedang berupaya memblokir penggunaan TikTok dan aplikasi lain yang dikembangkan oleh perusahaan Cina.

Langkah itu mengikuti jejak India, yang telah lebih dahulu memblokir puluhan aplikasi asal Cina, dan Amerika Serikat (AS) yang mungkin akan melarang TikTok.

Dilansir dari TechCrunch, Rabu (29/7/2020), rencana ini muncul karena kekhawatiran data pengguna Jepang bisa berada di tangan pemerintah Cina. Mereka berencana mengajukan proposal pemblokiran ini kepada Pemerintah Jepang pada awal September 2020. Informasi ini pertama kali dilaporkan oleh NHK.

Jepang merupakan salah satu negara yang sukses dimasuki TikTok ketika perusahaan internet asing kesulitan menembus pasar Negeri Matahari Terbit ini. Bahkan, TikTok berhasil menarik para pesohor Jepang untuk membuat konten.

Baca Juga: TikTok 'Bodo Amat' dengan Larangan Trump, Bakal Rekrut 10.000 Karyawan di AS

Sementara itu, menanggapi rencana pemblokiran Jepang, juru bicara TikTok menegaskan pihaknya tidak dikontrol oleh pemerintah Cina.

Ada banyak informasi yang salah tentang TikTok di luar sana. TikTok memiliki CEO (warga negara) Amerika, seorang chief information security officer yang memiliki satu dekade pengalaman di industri, militer AS, dan pengalaman penegakan hukum, dan tim AS yang bekerja dengan gigih untuk mengembangkan infrastruktur keamanan terbaik di kelasnya - sebut juru bicara TikTok. 

Empat dari lima kursi dewan direksi induk perusahaan kami dikendalikan oleh beberapa investor global terkemuka di dunia. TikTok AS, data pengguna disimpan di AS dan Singapura, dengan kontrol ketat pada akses karyawan - lanjut juru bicara TikTok.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0