Google Permudah Ciptakan Aplikasi Menggunakan Chromebook

Google Tambahkan Dukungan Penuh Aplikasi Linux ke Chromebook Pada 2018.
Adiantoro - Teknologi,Kamis, 13-08-2020 14:50 WIB
Google Permudah Ciptakan Aplikasi Menggunakan Chromebook
Ilustrasi. (Android Authority)

Jakarta, Nusantaratv.com - Google membuat segalanya menjadi sedikit lebih mudah bagi orang-orang yang ingin membuat web, aplikasi Android maupun Linux menggunakan Chromebook.

Tim Chrome OS telah meluncurkan ChromeOS.dev, sebuah hub yang mencakup sumber daya teknis dan tutorial, contoh kode dari aplikasi populer, dan pengumuman produk. Google menyarankan hal ini akan berguna untuk pengembang berpengalaman serta mereka yang baru memulai.

Dilansir dari Engadget, Kamis (13/8/2020), hub memiliki alat inti yang dibutuhkan pengembang untuk membuat aplikasi Android menggunakan Chromebook yang didukung. Ini memiliki emulator yang memungkinkan pengembang menguji aplikasi mereka pada versi atau perangkat Android, bahkan jika mereka tidak memiliki akses ke hardware. Mereka akan dapat menguji dan menerapkan aplikasi langsung di Chromebook mereka tanpa perlu beralih ke mode pengembang.

Baca Juga: Facebook Suntik Mati Lite, Tak Bisa Lagi Digunakan di Perangkat iOS

ChromeOS.dev juga memiliki terminal Linux yang dapat disesuaikan, yang memiliki tab dan pintasan terintegrasi, bersama dengan latar belakang, bingkai, font, dan warna kursor yang dapat disesuaikan. Google menambahkan dukungan penuh aplikasi Linux ke Chromebook pada 2018.

Pengembang dari Google, Chrome OS, dan komunitas yang lebih luas akan menawarkan saran dalam membuat aplikasi dan mempelajari beberapa tantangan dalam pembuatannya. Anda akan menemukan pedoman tata letak dan pengalaman pengguna di sana, dengan tip tentang komponen antarmuka pengguna dan navigasi. Proyek itu sendiri adalah aplikasi web progresif yang dapat Anda akses secara offline. ChromeOS.dev juga open source, jadi Anda dapat melihat bagaimana tim Chrome OS membuatnya.

Tampaknya ini menjadi sumber daya yang berguna bagi orang-orang yang baru memulai pengembangan, sekaligus menjadikan Chromebook pilihan yang lebih layak untuk membuat aplikasi untuk berbagai platform. ChromeOS.dev kini tersedia dalam bahasa Inggris dan Spanyol. Sedangkan dukungan untuk bahasa lain sedang dalam proses.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0