Google Batasi Penggunaan Kamera Aplikasi Pihak Ketiga di Android 11, Mengapa?

Google Menyebut Hal Itu Dilakukan untuk Mencegah Pelaku Kejahatan Mengambil Lokasi Pengguna.
Adiantoro - Teknologi,Jumat, 21-08-2020 09:24 WIB
Google Batasi Penggunaan Kamera Aplikasi Pihak Ketiga di Android 11, Mengapa?
Ilustrasi. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Google membuat perubahan di Android 11 yang akan memaksa aplikasi yang ingin mengambil foto atau video untuk menggunakan aplikasi kamera bawaan ponsel.

Dilansir dari The Verge, Jumat (21/8/2020), hal itu terjadi kendati pengguna telah membuat aplikasi kamera yang berbeda, seperti OpenCamera, pilihan default untuk foto.

Kami percaya ini adalah langkah yang tepat untuk melindungi privasi dan keamanan pengguna kami - kata tim teknik Android.

Baca Juga: Google Assistant Izinkan Pengguna Kirim Pesan Audio ke Kontak

Tim Android menambahkan aplikasi yang menggunakan kamera perlu secara eksplisit menyebutkan nama mereka, dan semua aplikasi kamera pihak ketiga juga perlu melakukannya. Terkait hal ini, Google memberikan alasannya. Disebutkannya hal tersebut untuk mencegah pelaku kejahatan mengambil lokasi pengguna. Kendati demikian, banyak fitur kamera akan tetap berfungsi seperti dulu.

Pengguna masih dapat membuka aplikasi kamera pihak ketiga dan menggunakannya secara langsung dengan mengetuk ikonnya pada layar beranda. Pengguna juga masih dapat mengambil gambar dengan kamera yang terpasang di aplikasi populer, seperti Snapchat, TikTok, dan Instagram.

Kemudian, pengguna masih dapat mengetuk dua kali tombol daya (atau pintasan serupa) untuk membuka aplikasi kamera. Aplikasi juga tetap dapat membuka aplikasi kamera pilihan pengguna, hanya saja mereka tidak dapat mengimpor foto atau video dengan cara itu.

Dan, satu-satunya hal yang berubah adalah jika aplikasi Android ingin menggunakan aplikasi kamera pengguna, alih-alih membuka kamera sendiri, kini aplikasi tersebut akan langsung masuk ke aplikasi kamera yang sudah terpasang di ponsel.


 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0