Awas Malware Joker Sembunyi di 17 Aplikasi Ini, Cek Ponselmu Segera!

Google Telah Menghapus 1.700 Aplikasi yang Terinfeksi Malware Joker dari Play Store Sejak 2017.
Adiantoro - Teknologi,Senin, 28-09-2020 15:16 WIB
Awas Malware Joker Sembunyi di 17 Aplikasi Ini, Cek Ponselmu Segera!
Ilustrasi.

Jakarta, Nusantaratv.com - Google telah menghapus 17 aplikasi jahat dari Play Store. Aplikasi tersebut ditemukan oleh peneliti keamanan dari Zscaler.

Mengutip ZDNet, Senin (28/9/2020), disebutkan aplikasi itu terinfeksi malware Joker atau Bread. Untuk itu, bagi siapa saja yang telah mengunduh aplikasi-aplikasi tersebut, sebaiknya segera menghapusnya.

Spyware ini dirancang untuk mencuri pesan SMS, daftar kontak, dan informasi perangkat, sekaligus secara diam-diam mendaftarkan korban untuk layanan wireless application protocol (WAP) premium - kata peneliti keamanan Zscaler, Viral Gandhi.

Sedangkan ke-17 aplikasi jahat itu diunggah ke Play Store pada bulan ini dan untungnya belum mendapatkan banyak korban. Sebelum berhasil dideteksi, ke-17 aplikasi tersebut telah diunduh sebanyak 120.000 kali.

Ke-17 aplikasi jahat yang dihapus Google karena terinfeksi malware Joker, di antaranya All Good PDF Scanner,
Mint Leaf Message-Your Private Message, Unique Keyboard - Fancy Fonts & Free Emoticons, Tangram App Lock, Direct Messenger, dan Private SMS.

Kemudian, One Sentence Translator - Multifunctional Translator, Style Photo Collage, Meticulous Scanner, Desire Translate, Talent Photo Editor - Blur focus, Care Message, serta Part Message.

Selanjutnya, Paper Doc Scanner, Blue Scanner, Hummingbird PDF Converter - Photo to PDF, dan All Good PDF Scanner.

Baca Juga: Google Hapus 6 Aplikasi Jahat yang Terinfeksi Malware Joker

Google saat ini telah menghapus 17 aplikasi jahat tersebut dari Play Store, dan menggunakan layanan Play Protect untuk menonaktifkan aplikasi di perangkat yang telah terinfeksi. Tapi pengguna masih harus menghapus aplikasi tersebut dari smartphone guna memastikan tidak ada lagi ancaman di perangkat mereka.

Langkah ini merupakan ketiga kalinya Google menghapus aplikasi yang terinfeksi malware Joker dalam beberapa bulan terakhir. Pada awal bulan ini, Google menghapus enam aplikasi jahat setelah ditemukan dan dilaporkan oleh peneliti keamanan dari Pradeo.

Sebelumnya, pada Juli, Google juga menghapus sejumlah aplikasi lain yang terinfeksi Joker yang ditemukan oleh peneliti keamanan dari Anquanke. Aplikasi-aplikasi ini telah aktif sejak Maret dan berhasil menginfeksi jutaan perangkat.

Untuk diketahui, sejak 2017, Google telah menghapus 1.700 aplikasi yang terinfeksi malware Joker dari Play Store. Joker sendiri merupakan salah satu malware paling menonjol di Android, karena malware ini kerap menemukan cara agar bisa masuk ke toko aplikasi resmi Google.

Hanya dengan mengubah kodenya sedikit demi sedikit, malware ini berhasil menyusupi aplikasi dan kembali masuk ke Google Play Store.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0