Instagram Perketat Pendaftaran, Batas Minimum 13 Tahun Bagi Pengguna Baru

Instagram Gunakan Informasi Usia Pengguna untuk Memberikan Rekomendasi Pengaturan Privasi Akun.
Instagram Perketat Pendaftaran, Batas Minimum 13 Tahun Bagi Pengguna Baru
Ilustrasi Instagram. (exame.abril.com.br)

Jakarta, Nusantaratv.com - Instagram memperbarui sistem pendaftaran akun guna menjamin keamanan bagi para pengguna baru atau muda di jejaring sosial milik Facebook Inc ini.

Mulai hari ini, Instagram memastikan semua pengguna di platform tersebut harus berusia lebih dari 13 tahun. Ke depan, pengguna harus memberikan tanggal lahir mereka untuk membuat akun baru - kata Instagram dalam pernyataannya, dilansir dari Refinery29, Kamis (5/12/2019).

Jika akun Instagram terhubung ke akun Facebook, maka platform akan menambahkan tanggal lahir yang terdapat di profil Facebook. Tanggal lahir di Instagram juga akan berubah jika pengguna mengganti informasi tersebut di akun Facebook mereka.

Informasi ini bukan untuk umum dan hanya pengguna yang dapat melihatnya ketika melihat informasi pribadi akun mereka di Instagram - lanjut pernyataan tersebut.

Baca Juga: Manjakan Pengguna, Facebook Kini Bisa Transfer Gambar ke Google Photos

Tentu saja, batasan usia ini bukanlah hal baru. Menurut Undang-Undang Perlindungan Privasi Online Anak-Anak, situs web, aplikasi, dan layanan online lainnya tidak dapat mengambil informasi pribadi dari anak-anak di bawah usia 13 tahun, tanpa persetujuan orang tua.

Tapi saat ini, Instagram mengecualikan semua orang di bawah 13 tahun. Ini adalah salah satu dari beberapa platform sosial yang sampai saat ini tidak memerlukan tanggal lahir pengguna pada saat mendaftar. Dimana Snapchat, TikTok, dan Facebook semuanya perlu dimasukkan ke dalam proses pendaftaran mereka - tambah pernyataan tersebut.

Instagram juga akan menggunakan informasi usia pengguna untuk memberikan rekomendasi pengaturan privasi akun, terutama bagi pengguna yang masih berusia muda. Pembaruan lain, Instagram memberi kontrol bagi pengguna untuk mengatur siapa saja yang bisa mengirim pesan lewat fitur Direct.

Nantinya pengguna yang mengaktifkan pengaturan ini tidak akan lagi menerima pesan, permintaan grup, maupun balasan Stories dari mereka yang tidak diikutinya. Pengguna bisa mengatur agar hanya orang yang mereka ikuti yang dapat mengirim pesan melalui Direct serta mengundang ke percakapan grup.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0