Sebelum 2021, Lembaga Keuangan di Aceh Sudah Wajib Syariah

Mengacu pada Perda/Qanun Nomor 11 Tahun 2018, DPR Aceh menghimbau agar seluruh lembaga keuangan yang berada di Kota Serabi Mekah tersebut dapat mengacu pada hukum perbankan syariah.
Sebelum 2021, Lembaga Keuangan di Aceh Sudah Wajib Syariah
Masjid Raya Baiturrahman merupakan ikon dari Kota Aceh/ Istimewa

Aceh, Nusantaratv.com - DPRD Aceh baru saja meresmikan Perarturan Daerah (Perda/Qanun) Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS). Adapun peraturan tersebut menyangkut dengan perauran bank konvensional dan lembaga jasa keungan di Aceh harus menyesuaikan dan beralih ke syariah.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) rancangan Qanun LKS, Jamaluddin T Muku menyebutkan, dalam keputusan tersebut yang dimana lembaga keuangan yang beroperasi di Aceh wajib menyesuaikan diri. Hal itu paling lambat tiga tahun sejak Qanun ini diundangkan akhir November 2018.

Sementara itu, peraturan pelaksanaan Qanun ini harus ditetapkan paling lama satu tahun terhitung sejak diundangkan. Untuk itu, diberikan kesempatan bagi bank konvensional guna beralih ke syariah.

“Sesuai Qanun diberikan kesempatan beralih ke syariah tiga tahun,” kata Jamaluddin seperti dilansir dari Viva, (27/6/2019).

Sementara itu, lembaga keuangan konvensional tidak akan diminta untuk tutup, melainkan saja hanya agar bisa menyesuaikan. Akan tetapi, Qanun LKS akan mengatur masyarakat agar bertransaksi keuangan sesuai syariat Islam.

Sumber: viva.com



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0