Sri Mulyani Pecat Pejabat Ditjen Pajak yang Terlibat Kasus Suap Pajak

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan phaknya tengah mendalami kasus dugaan suap pajak yang dilakukan oknum PNS pajak dan tim pemeriksa

Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan terkait pemecatan oknum pejabat Ditjen Pajak yang terlibat kasus suap pajak/ist

Jakarta, Nusantaratv.com-Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengambil tindakan tegas terhadap pejabat Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak Kemenkeu) yang diduga terlibat tindak pidana kasus suap pajak dengan modus penurunan nilai pajak terhadap wajib pajak. 

Oknum pejabat yang terlibat kasus suap pajak tersebut telah dipecat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan pihaknya tidak akan menoleransi tindakan korupsi di lingkungan pegawai Ditjen Pajak Kemenkeu. 

“Terhadap pejabat Ditjen Pajak yang oleh KPK diduga terlibat suap telah dilakukan pembebasan tugas dari jabatannya agar memudahkan proses penyidikan oleh KPK,” ujar Sri Mulyani, Rabu (3/3).

Kendati demikian, Sri Mulyani belum dapat mengungkap identitas oknum pejabat Ditjen Pajak tersebut. Pasalnya, ia masih mengedepankan azas praduga tak bersalah. 

Baca juga: KPK Dalami Dugaan Kasus Suap Pajak Puluhan Miliar di Kemenkeu

Akan tetapi guna memudahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam mengusut kasus dugaan suap pajak tersebut pihaknya telah membebastugaskan terduga pelaku.

“Yang bersangkutan juga telah mengundurkan diri dan tengah diproses. Langkah tersebut dilakukan agar penegakan hukum okeh KPK tidak akan memberikan imbas negatif dari kinerja Ditjen Pajak Kemenkeu,” tuturnya.

Sri Mulyani memastikan Kemenkeu akan mendukung KPK dalam mengusut kasus suap penurunan nilai pajak tersebut. Sri Mulyani menyatakan siap bekerjasama dengan lembaga antirasuah memberantas tindak pidana korupsi di Kemenkeu.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan phaknya tengah mendalami kasus dugaan suap pajak yang dilakukan oknum PNS pajak dan tim pemeriksa. Demi kebutuhan penyelidikan Alex belum bersedia menyebut nama para pelaku. 

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK