Yudi Guntara Ungkap Gol Tunggal Persib di Final Liga Indonesia I 1995 Silam

Saat gol itu terjadi, Yudi yang berposisi sebagai gelandang sudah ditarik keluar
Arfa Gandhi - Sport,Kamis, 30-07-2020 22:55 WIB
Yudi Guntara Ungkap Gol Tunggal Persib di Final Liga Indonesia I 1995 Silam
Legenda Persib, Yudi Guntara / Foto: Ist

Jakarta, Nusantaratv.com - Legenda Persib, Yudi Guntara mengungkap momen di balik terciptanya gol tunggal Sutiono Lamso di pertandingan final Liga Indonesia I pada 30 Juli 1995 silam.

Menurut Yudi, gol yang memasitikan Pangeran Biru menjadi juara itu merupakan buah dari strategi jitu pelatih Indra Thohir.

Saat gol itu terjadi, Yudi yang berposisi sebagai gelandang sudah ditarik keluar. Ia  digantikan Asep Sumantri karena cedera setelah ditekel pemain Petrokimia, Sasih Kirono.

"Jadi, dalam formasi 3-5-2 saat itu, dari lima pemain di tengah, kami memiliki tiga gelandang dengan dua di antaranya bertipe menyerang, yaitu saya dan Yusuf, " ungkap Yudi, Kamis 30 Juli 2020. 

Ia menjelaskan,  Thohir memasukkan Asep Sumantri untuk ditempatkan sebagai jangkar.

Sedangkan Asep Kustiana yang semula bertugas sebagai gelandang bertahan, didorong lebih ke depan menggantikan peran Yudi. 

"Asep Kustiana memang seorang gelandang bertahan. Tetapi karena saya ditarik keluar, jadi dia yang saat itu didorong lebih ke depan. Dia yang mengirimkan umpan silang ke Sutiono, " ungkapnya. 

Yudi pun memuji permainan Asep Kustiana yang mampu menunaikan tugas sebagai gelandang serang untuk menyuplai bola ke lini depan. Namun, ia juga salut dengan kecerdasan Yusuf Bachtiar.

"Di sini kecerdasan seorang Yusuf dalam mengecoh pemain-pemain berbaju kuning ini. Karena semua lawan menyangka  dia yang akan menendang bola, tapi ternyata bola itu dikembalikan lagi kepada Sutiono yang akhirnya menjadi gol, " pungkasnya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0