Kenang Sepak Terjang Legenda Persija, Sinyo Aliandoe

Sinyo Aliandoe adalah sosok legenda yang tercatat sukses sebagai pemain dan pelatih
Arfa Gandhi - Sport,Rabu, 18-11-2020 20:40 WIB
Kenang Sepak Terjang Legenda Persija, Sinyo Aliandoe
Persija pada tahun 1964 saat tampil pada kompetisi Perserikatan / Foto: Ist

Nusantaratv.com - Nama Sinyo Aliandoe pastinya cukup populer ditelinga para suporter Persija Jakarta. Bahkan, sosok legenda tersebut tercatat sukses sebagai pemain dan pelatih.

Sebelum membahas lebih jauh, alangkah baiknya kita lebih dulu memanjatkan doa untuk sang legenda, yang menghembuskan nafas terakhirnya karena sakit jantung pada lima tahun silam.

Sejatinya, saat masih memperkuat Persija Jakarta, Sinyo Aliandoe adalah salah satu pemain andalan di era Endang Witarsa.

Saat itu, Persija dihuni oleh mayoritas pemain muda seperti Anjas Mara, Yudo Hadiyanto, dan Iswadi Idris.

Terbukti, tahun itu merupakan masa keemasan bagi tim Macan Kemayoran yang sukses menyabet gelar lampiun kasta elite Perserikatan edisi 1964.

Tak hanya itu saja, Persija juga tercatat sebagai tim yang tak pernah menelan kekalahan. Bahkan, mereka selalu tampil dengan rekor gol yang sensasional disetiap pertandingan.

Tercatat, dari delapan pertandingan yang dijalaninya, Persija mampu meraih tujuh kemenangan dan hanya sekali merasakan hasil imbang dengan mencetak 34 gol dan hanya kebobolan tiga gol.

Seusai gantung sepatu, Sinyo mulai melanjutkan karier baru sebagai pelatih. Ternyata, tangan emasnya membawa tuah.

Pria kelahiran 1 Juli 1940 itu sukes membawa Persija di tahun pertamanya sejak menjabat sebagai juru taktik setelah menjinakan Persebaya dengan skor tipis 1-0 di kompetisi perserikatan.

Dua tahun berselang, Sinyo kembali mengantar Persija menjadi kampiun perserikatan. Menang, kalau itu sistem kompetisi berubah.

Pertandingan putaran final digelar dengan sistem turnamen. Menariknya, Persija di akhir kompetisi harus berbagi gelar dengan PSMS Medan.

Tentunya, sederet fakta diatas membuat para suporter khususnya Jakmnia tidak boleh melupakan jasa Sinyo Aliandoe untuk Persija.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0