Kejuaraan Sepakbola U-14 Piala BLiSPI Nasional 2020 Siap Digelar

Subagja menegaskan kesiapan penyelenggaraan Kejuaraan Sepakbola U-14 Piala Blispi Nasional 2020 berjalan dengan lancar sesuai...
Ramses Rianto Manurung - Sport,Selasa, 17-11-2020 17:25 WIB
Kejuaraan Sepakbola U-14 Piala BLiSPI Nasional 2020 Siap Digelar
Para pemain hasil pemantauan bakat Blispi/ist

Jakarta, Nusantaratv.com-Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI) kembali menggairahkan pembinaan sepakbola usia muda di Indonesia.

Organisasi yang telah banyak melahirkan pemain handal tersebut siap menggelar Kejuaraan Sepakbola Pelajar U-14 Piala Blispi Nasional 2020 pada 12-16 Desember mendatang, di Cirebon dan Kuningan, Jawa Barat.

Babak penyisihan grup akan digelar di enam lapangan di Cirebon yaitu Lapangan Garuda Tegal Wangi, Lapangan Aspen Jaya Bode Sari, Lapangan Megi, Lapangan Cilengkrang Girang, Lapangan Jatiwaluya dan Lapangan Waled Kulon.

Sementara babak 8 besar hingga final akan digelar di Stadion Mas'ud Kuningan, Jawa Barat.

"Event ini bertujuan untuk menggairahkan atmosfer pembinaan sepakbola usia muda di Indonesia yang selama beberapa bulan terakhir sempat vakum akibat Pandemi covid-19. Agar para pemain, pelatih, pengurus dan seluruh pemangku kepentingan kembali aktif dan bersemangat," kata Ketua Umum Blisp Subagja Suihan, yang tak lain adalah ayah angkat bintang sepakbola Indonesia, Egy Maulana Vikri, Selasa (17/11/2020).

Subagja menjelaskan pada gelaran tahun ini agak berbeda dengan Liga Berjenjang U-14 Piala Menpora yang rutin setiap tahun digelar oleh Kemenpora dan Blispi.

"Kalau di Piala Menpora format pertandingan dimulai dari seri kabupaten/kota berlanjut ke tingkat provinsi dan puncaknya putaran final nasional," paparnya.

"Sedang untuk Piala Blispi Nasional 2020 dikarenakan ada Pandemi covid-19, tidak fase penyisihan tingkat kabupaten/kota dan provinsi tetapi langsung putaran final nasional," imbuhnya.

Sejalan dengan arahan dari Pemerintah melalui Kemenpora, penyelenggaraan Kejuaraan Sepakbola Pelajar U-14 Piala Blispi Nasional menerapkan secara ketat protokol kesehatan covid-19.

Salah satu bentuk konkretnya, peserta yang bisa mengikuti event ini hanya provinsi-provinsi yang berstatus zona hijau dan kuning. Bagi provinsi-provinsi berstatus zona merah dan hitam tidak diperkenankan menjadi peserta.

Baca juga: Pentingnya Sport Science Dalam Sepakbola

Peserta Pendamping

Sebagai pengganti provinsi yang tidak  ikut maka Panitia Pusat dari Blispi menerima peserta pendamping provinsi. 

Panitia Pusat Piala Blispi Nasional 2020 telah menetapkan lima mekanisme penjaringan peserta Pendamping provinsi.

Pertama, Blispi Pusat menunjuk peserta dari SSB/Akademi sebagai peserta Pendamping provinsi.

Kedua, peserta pendamping provinsi dikenakan biaya pendaftaran sebagai peserta Kejuaraan Sepakbola Pelajar U-14 Piala Blispi Nasional 2020.
   
Ketiga, peserta pendamping provinsi
wajib mengajukan surat rekomendasi  ke Blispi Provinsi dengan dilampiri surat kesanggupan keikutsertaan dan surat penunjukan peserta dari Blispi Pusat.
   
Keempat, Blispi Provinsi akan mengeluarkan surat rekomendasi untuk SSB yang akan menjadi peserta pendamping provinsi Kejuaraan Sepakbola Pelajar U-14 Piala Blispi Nasional 2020.

Kelima, bagi tim atas nama Blispi Provinsi tidak dikenakan biaya pendaftaran. Dalam mengikuti Kejuaraan Sepakbola Pelajar U-14 Piala Blispi Nasional 2020 tim atas nama provinsi menanggung biaya secara mandiri tanpa adanya bantuan dari Blispi Pusat maupun Kemenpora.

Subagja menegaskan kesiapan penyelenggaraan Kejuaraan Sepakbola U-14 Piala Blispi Nasional 2020 berjalan dengan lancar sesuai progres yang dirancang Panitia Pusat.

"Alhamdulillah, proses persiapan penyelenggaraan berjalan dengan baik," tandasnya.

"Semoga Kejuaraan Sepakbola U-14 Piala Blispi Nasional dapat mengobati kerinduan para pemain, pelatih dan seluruh pemangku kepentingan yang sekian lama vakum akibat Pandemi covid-19. Selalu sehat dan tetap bugar serta tetap semangat meraih prestasi demi kejayaan sepakbola Indonesia," tutupnya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0