Indra Sjafri Pastikan PSSI Tidak Akan Kirim Tim Lagi ke Luar Negeri

Sampai saat ini, Indonesia tercatat sudah menjalani tiga kali program dalam mengirim satu tim ke luar negeri
Arfa Gandhi - Sport,Selasa, 10-11-2020 16:15 WIB
Indra Sjafri Pastikan PSSI Tidak Akan Kirim Tim Lagi ke Luar Negeri
Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri / Foto: Merdeka

Nusantaratv.com - Striker legendaris Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto mengatakan bahwa pengiriman sebuah tim ke luar negeri tak akan memuahkan hasil yang baik bagi perkembangan sepak bola di Indonesia.

Menurutnya, banyak kekurangan dalam pengiriman satu tim ke luar negeri. Bahkan, ia juga tahu betul hal-hal yang akan menghambat jika satu tim diberangkatkan untuk berlatih di luar negeri.

Sampai saat ini, Indonesia tercatat sudah menjalani tiga kali program dalam mengirim satu tim ke luar negeri untuk berlatih.

Mulai dari Primavera dan Barreti, SAD Uruguay, hingga yang sedang berlangsung, yakni Garuda Select.

Baca juga: Garuda Select Bakal Jajal Kekuatan Bayern Munchen

Saran tersebut pun disambut positif oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri saat mengahadiri webinar Youth Football Develipment 2020 bersama Kemenpora.

Indra pun memastikan bahwa PSSI kedepannya tidak akan lagi mengirim tim ke luar negeri. Tetapi akan menjalani kerjasama dengan berbagai klub.

"Kami tidak lagi mengirim satu tim ke luar negeri, tapi menitipkan satu atau dua pemain di setiap klub yang ada di luar negeri," kata Indra Sjafri.

"Kalau satu tim mereka akan komunikasi dengan Bahasa Indonesia, mungkin kadang-kadang makan-makanan Indonesia juga. Tapi, kalau sendiri, mereka akan dipaksa untuk bisa belajar gaya hidup sepak bola Eropa," sambungnya.

"Kalau ada 10 atau 20 yang main di Eropa saya yakin membangun tim sepak bola tidak perlu berbulan-bulan, tidak perlu ada TC jangka panjang. Kita cukup lakukan TC sesuai dengan aturan FIFA, 2 atau 3 minggu," ungkapnya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0