FIFA Sebut Jumlah Uang Bursa Transfer Menurun Drastis

Menyusul gangguan sepakbola selama lebih dari tiga bulan di akhir musim lalu
Raymond - Sport,Sabtu, 10-10-2020 01:47 WIB
FIFA Sebut Jumlah Uang Bursa Transfer Menurun Drastis

Nusantaratv.com - Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) merilis informasi, bahwa jumlah uang yang dibelanjakan pada bursa transfer internasional yang ditutup pada Senin lalu, turun lebih dari 30 persen dibandingkan dengan peroide yang sama tahun lalu. 

Hal ini terjadi karena pandemi corona di berbagai dunia. FIFA menyebut, total 3,92 miliar dollar AS (Rp.57,527 triliun) telah dihabiskan oleh klub-klub di seluruh dunia antara 1 Juni sampai 5 Oktober di jendela transfer tahun ini, turun jika dibandingkan dengan 5,8 miliar dollar AS tahun lalu.

Selain itu, jumlah transfer juga turun dari 9.087 tahun lalu menjadi 7.424, turun 18%, kata laporan yang disampaikan FIFA. Jumlah transfer yang melibatkan fee adalah 1.623 dibandingkan dengan 1.222, turun 25%.

"Menyusul gangguan sepakbola selama lebih dari tiga bulan di akhir musim lalu. Pengeluaran untuk biaya transfer pada sepakbola profesional pria menurun secara signifikan," kata laporan yang dikeluarkan FIFA dikutip Reuters.

Adapun pandemi corona membuat kompetisi sepakbola terhenti di seluruh dunia antara Maret dan Juni, meskipun telah dimulai kembali, sebagian besar pertandingan harus dimainkan tanpa penggemar atau di depan orang banyak yang sangat terbatas. Yang secara signifikan memengaruhi pendapatan klub.

Selain itu, kondisi tersebut juga mengakibatkan jendela transfer diperpanjang hingga 5 Oktober untuk memungkinkan awal yang terlambat untuk musim klub Eropa 2020-2021.

Sebagaimana diketahui, sejumlah klub Eropa adalah yang paling banyak membelanjakan uangnya dengan total pengeluaran 3,78 miliar dollar AS atau sekitar Rp.55,472 triliun. Dari jumlah itu, 1,25 miliar dollar AS dihabiskan oleh klub Liga Inggris diikuti oleh klub Liga Italia ( 544 juta dollar AS) dan klub Liga Spanyol (487 juta dollar AS).

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0