Arab Saudi Gelar Liga Sepakbola Wanita

Gelaran ini dipuji sebagai langkah bersejarah bagi dunia olahraga Saudi. Karena banyak industri hebat yang memberikan dukungan...
Ramses Rianto Manurung - Sport,Rabu, 18-11-2020 17:55 WIB
Arab Saudi Gelar Liga Sepakbola Wanita
Bendera Arab Saudi/ist

Jeddah, Nusantaratv.com-Olahraga Arab Saudi membuat sebuah terobosan yang revolusioner dengan menggelar Liga Sepakbola Wanita pertama pada Selasa (17/11/2020). 

Kompetisi perdana ini diikuti sebanyak 24 klub dari tiga kota besar di Arab Saudi yaitu Jeddah, Riyadh dan Damamm. Tim-tim tersebut akan bersaing memperebutkan thropy dan hadiah uang senilai SR500.000 (US$ 133.000). 

Gelaran ini dipuji sebagai langkah bersejarah bagi dunia olahraga Saudi. Karena banyak industri hebat yang memberikan dukungan dan mendiskusikan pentingnya acara tersebut.

Abdullah Alyami, pelatih sepak bola dan reporter olahraga Saudi, menyebutnya sebagai "langkah positif". Dia berharap lebih banyak lagi wanita yang berpartisipasi dalam turnamen mendatang.

“Ini hari yang sangat membahagiakan bagi semua atlet, baik pria maupun wanita. Dan berdasarkan apa yang telah kita lihat, dan betapa favoritnya olahraga sepak bola di seluruh Kerajaan, saya yakin kita akan melihat lebih banyak lagi saudari kita yang terlibat dalam olahraga profesional," kata Abdullah.

Baca juga: CEO Arema FC Kecam Pernyataan Wali Kota Malang, Ada Apa?

Tak kalah semangatnya dengan Abdullah, reporter olahraga Saudi Riyan Al-Jidani membagikan pesan dukungan kepada para wanita yang berpartisipasi dalam turnamen di akun Twitter-nya.

“Kepada semua saudari terkasih yang berpartisipasi dalam Women’s Football League, kesuksesan Anda di turnamen ini adalah langkah ke arah yang benar menuju impian kita tentang universalitas dan mewakili tanah air kita ke dunia luar. Mengibarkan bendera di lapangan merupakan sebuah kebanggaan dan kebanggaan,” tukasnya.

Meski tak ada pertandingan yang disiarkan namun itu tidak mengurangi aksi penggemar untuk mengungkapkan kegembiraan mereka di media sosial tentang turnamen tersebut.

Pemerintah Arab Saudi memang semakin terbuka dan moderat khususnya terhadap kaum perempuan. Itu ditandai dengan semakin longgarnya aturan di ruang publik, misalnya kini perempuan  Arab Saudi diperbolehkan menyetir, menghadiri gelaran olahraga dan konser, juga memiliki paspor tanpa harus ada persetujuan wali laki-laki

Perubahan kebijakan ini terkesan ekstrem mengingat Arab Saudi adalah negara yang menerapkan berlandaskan pada Syariah yang terdiri dari Al-Quran dan Sunnah. Bahkan Arab Saudi merupakan satu-satunya negara di dunia yang menjadikan Quran dan Sunnah sebagai konstitusinya

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0