Desiana Peraih Medali Ditengah Pandemi

Petarung berusia 18 tahun itu tak menyangka dirinya mampu bersaing dan meraih medali perak
Arfa Gandhi - Sport,Rabu, 11-11-2020 20:00 WIB
Desiana Peraih Medali Ditengah Pandemi
Atlet Sambo putri Indonesia, Desiana Safitri / Foto: Ist

Nusantaratv.com - Atlet Sambo putri Indonesia, Desiana Safitri sukses menyabet medali perak di kelas 48 kg pada ajang World Youth and Junior Sambo di Serbia, meski hanya menjalani persiapan selama 40 hari.

Bahkan, petarung berusia 18 tahun itu juga tak menyangka dirinya mampu bersaing di ajang kejuaraan yang berlangsung pada tanggal 4 hingga 9 November 2020 di Kota Novi Sad Serbia tersebut.

Pasalnya, selain persiapannya yang terbilang mepet, lawan yang dihadapi juga cukup tangguh. Mengingat kejuaraan ini diikuti oleh 30 negara raksasa sambo di dunia.

Dalam kejuaraan itu, Desiana diuntungkan dengan status bye dan langsung melaju ke semifinal menghadapi wakil dari Ukraina, Marta Chaplispka. Tanpa kesulitan, Pesambo asal Karawang tersebut melibasnya dengan skor 10-4.

Sayangnya di laga final, Desiana harus lapang dada setelah ditumbangkan Pesambo asal Uzbekistan, Musharraf Ibodullaeva dengan skor 0-2.

Meski begitu, torehan yang diraihnya merupakan sebuah kejutan. Sebab, persaingan untuk meraih medali sangat ketat ditambah dengan lawan yang jauh lebih berpengalaman. Apalagi, target awalnya Desiana hanya sekedar mencari pengalaman saja.

Setelah tak menyangka mampu bersaing hingga meraih medali perak, Desiana mengatakan bakal terus berlatih keras dan tidak pernah puas sebelum mengibarkan bendera Merah Putih di podium tertinggi Kejuaraan Dunia.

"Saya harus tetap mensyukuri hasil ini dan menjadi motivasi untuk berlatih lebih keras lagi ke depan, karena inginnya mengibarkan bendera Merah Putih dan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya di podium utama," kata Desiana, Rabu (11/11/2020).

Sejatinya, Desiana yang juga peraih medali emas SEA Games 2019 Filipina itu merupakan mutiara yang masih perlu diasah. Usianya pun masih muda dan berpotensi bisa menjadi atlet andalan Sambo Indonesia dimasa mendatang.

Tetapi untuk mencetak seorang atlet tangguh dan mampu bersaing di kejauraan dunia, tentunya membutuhkan pelatnas yang serius serta selalu mengikuti kejuaraan untuk memperbanyak jam terbang dan pengalaman.

Dalam waktu dekat, Desiana juga sudah dipersiapkan oleh Pengurus Pusat Persatuan Sambo Indonesia (PP.Persambi) untuk tampil di sejumlah event internasional.

Terdekat, Kejuaraan Sambo Asia 2021 yang digelar pada bulan Agustus di Bali dan Asian Indoor Martial Art Games (AIMAG) 2021 di Thailand.

Sementara itu, ketua umum PP Persambi, Krisna Bayu merasa bangga dengan prestasi yang dicapai atlet Sambo asal Jawa Barat tersebut.

Terlebih, perjuangannya dalam situasi pandemi ini patut diapresiasi karena pastinya Desiana berlatih keras pantang menyerah hingga akhirnya mampu merebut medali perak pada Kejuaraan Dunia Sambo di Serbia.

"Saya apresiasi kesuksesan Desiana meraih perak di kejuaraan dunia dan pengurus PP Persambi yang tetap konsisten memajukan olahraga Sambo," ujarnya.

Bahkan, mantan legenda judo Indonesia itu juga yakin jika semangat juang atlet dan pengurus PP Persambi tetap tinggi, maka olahraga yang ditekuni atlet MMA Khabib Normagomedov ini akan maju di Indonesia.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0